Alasan Penyebab Cegukan yang Tiba-Tiba

Cegukan kerapkali terjadi tiba-tiba tanpa disadari. Dalam satu daur kehidupan, hampir tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami cegukan dalam hidupnya. Secara medis, cegukan adalah satu kondisi di mana terjadi kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma sehingga menyebabkan bunyi “hik” dengan frekuensi berulang kali. Beberapa di antara cegukan atau hiccups (dalam bahasa medis) bisa mereda dengan sendirinya. Tetapi terdapat juga beberapa masalah cegukan yang malah membuat lelah, sesak atau bahkan muntah sehingga sangat mengganggu. Sebelum melakukan usaha mengatasi cegukan, akan lebih baik jika pembaca mengetahui terlebih dulu penyebab cegukan secara tiba-tiba yang akan dijelaskan penulis berikut ini.
Baca Juga : Penyebab Batuk

Mengkonsumsi makanan terlalu banyak
Konsumsi makanan yang terlalu banyak secara tiba-tiba dapat menjadi salah satu faktor penyebab dari cegukan secara tiba-tiba. Kondisi perut yang kosong kemudian secara spontan di isi oleh banyak makanan akan memberikan rangsangan berupa kontraksi yang tiba-tiba juga pada diafragma. Hal inilah yang kemudian menyebabkan cegukan. Kondisi seperti bangun tidur atau setelah bersantai dengan keadaan perut kosong kemudian mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak merupakan salah satu penyebab cegukan.

Makan terlalu cepat
Cegukan erat hubungannya dengan kondisi lambung yang berdekatan dengan diafragma. Ketika lambung di isi secara spontan dalam jumlah yang banyak, maka secara tidak langsung akan memberikan rangsangan yang cepat pula pada diafragma. Keadaan seperti inilah yang menjadi penyebab cegukan. Menghindari memasukkan makanan dengan cepat ke lambung bisa mengurangi frekuensi munculnya cegukan.

Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk yang tidak menyehatkan tentu dapat menyebabkan terjadinya cegukan. Cegukan memang merupakan salah satu sinyal bahwa ada masalah di sekitar organ pencernaan dan atau organ pernafasan. Kelainan dalam sistem pernafasan juga bisa ditandai dengan munculnya cegukan berulang tanpa sebab yang pasti. Kebiasaan buruk yang dapat menstimulasinya adalah merokok dan minum-minuman beralkohol. Penyebab cegukan ini sebenarnya bisa sangat mudah dihindari, namun jika cegukan merupakan kebiasaan, maka akan sulit dihentikan begitu juga frekuensi cegukan yang terjadi.

Perubahan suhu yang mendadak di perut
Perubahan suhu yang mendadak dalam lambung ini terjadi pada saat Anda tanpa sadar mengkonsumsi minuman panas atau makan makanan yang panas sedangkan lambung berada dalam posisi suhu normal. Perubahan suhu yang seperti inilah yang kemudian membuat perut menegang dan menimbulkan cegukan.

Keadaan emosional yang kurang stabil karena stres atau terlalu gembira
Emosi yang tidak stabil bisa pula menjadi salah satu penyebab cegukan. Hal ini didasari dari teori psikologis yang mengatakan bahwa metabolisme dan atau aktifitas organ dalam tubuh sedikit banyak di pengaruhi oleh emosi manusia. Emosi yang labil seperti terlalu bahagia, terlalu sedih, terlalu lama menangis, stres, dan sebagainya dapat menjadi penyebab timbulnya cegukan.

Itulah beberapa penyebab cegukan yang perlu di ketahui sebelum melakukan usaha menghentikan cegukan yang diderita. Informasi tentang cegukan ini setidaknya bisa membantu Anda untuk sebisa mungkin menghindari kemungkinan terjadi cegukan berulang. Semoga bermanfaat !