Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Bagian Bawah

Sakit pada pinggang bagian bawah pasti sudah pernah Anda rasakan atau bahkan sering Anda rasakan. Tentunya sakit di bagian pinggang akan sangat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Anda harus merasakan sakit yang luar biasa ketika melakukan aktifitas sehari-hari. Rasa sakit yang dirasakan biasanya berupa nyeri di bagian pinggang. Terkadang Anda selalu menyepelekan hal tersebut. Hingga pada akhirnya akan menyebabkan sakit pinggang yang kronis. Penyebab sakit pinggang sesungguhnya sangat beragam. Diagnosa pada sakit pinggang yang Anda rasakan akan sangat bervariatif sesuai dengan sejauh mana gejala yang ditimbulkan. Apakah sakit hanya bersifat sementara saja atau bersifat menetap hingga beberapa hari.
 Baca Juga : Penyebab Herpes

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang. Penyebab sakit pinggang diantaranya :

Gangguan mekanik pada struktur tulang belakang
Tulang belakang adalah bagian tulang yang berperan menopang bagian punggung kita. Gangguan pada tulang belakang bisa berupa adanya peregangan di bagian ligament bagian tulang belakang bawah. Peregangan tersebut bisa disebabkan karena adanya luka atau trauma yang terjadi di bagian ligament. Penyebab sakit pinggang ini bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang umur. Sehingga, jika Anda sudah pernah mengalami kecelakaan dan merasakan sakit di bagian pinggang bawah, sebaiknya Anda mengkonsultasikannya ke dokter agar bisa segera ditangani.

Iritasi pada saraf
Terjadinya iritasi di bagian saraf karena adanya kerusakan pada cakram tulang belakang. Kerusakan disebabkan karena adanya robekan atau degenerasi. Jika sudah terjadi iritasi pada saraf, maka akan menyebabkan rasa sakit pada pinggang bawah. bahkan jika sudah dalam kondisi yang kronis, rasa sakit bisa menjalar sampai bagian kaki. Penangan yang dilakukan penyebab sakit pinggang tersebut oleh tenaga medis bisa berupa obat-obatan jika belum dalam kondisi yang parah. Namun, jika kondisi iritasi sudah parah, maka bisa dengan tindakan pembedahan.

Gangguan pada Tulang
Penyebab sakit pinggang bisa terjadi karena adanya gangguan berupa penyempitan forminal spondylolisthesis dan spinal stenosis atau jaringan yang lunak pada kanal tulang belakang. Adanya tekanan di bagian syaraf tulang belakang dalam kondisi tersebut akan menyebabkan sakit di bagian sciatica yang akan menyebar sampai turun ke bagian kaki. Stenosis di bagian tulang belakang akan menyebabkan rasa nyeri di bagian kaki yang akan mengganggu Anda ketika berjalan. Rasa sakit akan menghilang ketika melakukan istirahat.

Osteoporosis
Osteoporosis adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya pengeroposan pada tulang. Penyebab sakit pinggang tersebut terjadi pada orang yang sudah memiliki usia lanjut. Osteoporosis menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang karena pengeroposan pada tulang belakang yang akan membuat kinerja tulang menjadi berkurang. Tulang tidak bisa lagi menopang tubuh terlalu lama.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab sakit pinggang bagian bawah, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.