Cegah Penyakit “Mati Separo” dengan Mengenali Penyebab Stroke Sejak Dini

Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya untuk manusia. Ketika stroke menyerang tubuh, maka Anda juga tidak mungkin lagi dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Bagaimana Anda dapat beraktivitas jika anggota tubuh istilahnya “mati separo”. Pastinya, yang Anda bisa lakukan hanya meminta pertolongan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Namun, jika stroke yang menyerang Anda telah parah, pastinya yang Anda hanya bisa berbaring ditempat tidur. Menurut medis, stroke dapat terjadi karena peredaran darah yg tidak lancar atau bahkan terhambat. Namun, apa penyebab stroke sebenarnya? Simak informasi di bawah ini.

Penyebab Stroke
Baca Juga :  Penyebab Sering Sakit Kepala
Hipertensi
Penyebab stroke biasanya karena oleh tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah yang tinggi itu akan mengakibatkan jantung bekerja ekstra keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan darah dalam tubuh tidak bisa menyusut, akhirnya akan mengakibatkan gangguan pada peredaran darah. Terdapat banyak kemungkinan yang dapat terjadi, pembuluh darah akan membengkak hingga ia tak dapat mengalirkan darah dengan maksimal. Kedua, pembuluh darah dapat pecah karena tak kuat menahan tekanan yang ada. Itulah pemicu, stroke dapat menyerang Anda.

Penyakit Jantung
Penyebab stroke yang kedua yaitu penyakit jantung. Bisa di katakan organ-organ dalam tubuh saling terkait satu sama lain. Ketika salah satu organ dalam tubuh terganggu, maka organ lain juga tak dapat bekerja dengan maksimal. Sebagai contohnya, bila Anda yaitu seseorang yang mengidap penyakit jantung, maka kemungkinan besar, Anda dapat juga terserang stroke. Mengapa? Saat jantung tak dapat memompa darah dengan baik, maka pembuluh-pembuluh darah akan mengalami kerusakan. Hingga, stroke juga dapat menyerang Anda.

Diabetes
Penyebab stroke yang selanjutnya yaitu diabetes. Diabetes yaitu keadaan di mana gula darah sangat tinggi hingga gula itu dapat membuat darah menjadi kental. Mengentalnya darah pastinya akan membuat organ-organ tubuh bekerja keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Resikonya, bila darah mengental terus-menerus, maka darah yang kental itu bisa menyumbat pembuluh darah. Bila pembuluh darah telah tersumbat, maka penyakit stroke dapat menyerang Anda sewaktu-waktu. Jadi, untuk Anda yang mempunyai penyakit diabetes, sebaiknya control gula darah Anda sesering mungkin agar stroke tak singgah di tubuh Anda.

Obesitas
Kelebihan berat tubuh tentunya telah menjadi masalah sejak lama. Berat badan yang berlebihan tidak hanya bisa mengganggu tampilan saja, tetapi dapat juga mengganggu kesehatan Anda. Ada banyak penyakit yang siap mengancam Anda apabila lemak dalam tubuh terus menerus menumpuk, salah satunya penyakit stroke. Seorang yang obesitas pastinya mempunyai lemak yang banyak dalam tubuhnya. Bila lemak itu tak segera diatasi, maka akan mengganggu kerja organ tubuh. Organ tubuh tidak dapat melakukan metabolism secara sempurna akibat lemak yang menutupinya. Pembuluh darah juga pastinya akan tersumbat dan stroke juga akan dirasakannya. Demikian informasi tentang penyebab stroke diatas, semoga bermanfaat!