Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Usus buntu adalah salah satu bagian dalam usus yang keberadaannya sangat pening dalam menjaga pencernaan dalam tubuh. Usus buntu sering diartikan sebagai suatu penyakit walau sebenarnya ini adalah salah satu organ dalam usus. Yang dimaksud selama ini dengan usus buntu adalah penyakit yang menyerang usus buntu. Penyakit ini biasanya terjadi karena usus buntu mengalami peradangan dan penyumbatan. Penyebab usus buntu yang paling utama adalah adanya penyumbatan di bagian usus buntu tersebut sehingga membuat penderitanya merasa sakit dan tidak enak badan. Penyebab dan gejala dari penyakit usus buntu ini akan dibahas dalam tulisan ini.
Penyebab Usus Buntu
Baca Juga : Penyebab Kanker Payudara

Sebelum melangkah ke penyebab usus buntu, mari kita kenali terlebih dulu apa sajakah gejala dari penyakit usus buntu atau Appendicitis ini. Ada beberapa gejala yang dapat Anda kenali apakah Anda terserang penyakit usus buntu atau tidak. Gejala usus buntu yang pertama yaitu gatal dan nyeri yang dirasakan di sekitar perut terutama di perut bagian kanan. Karena usus buntu terletak dibagian kanan perut. Mungkin gejala ini masih dianggap sepele, namun sakit yang diperut akan semakin parah dan bisa menyebabkan bukan hanya usus buntu saja tapi juga penyakit gangguan lainnya. Nyeri atau sakit pada perut ini dapat ditandai dengan rasa kebas jika di pegang perutnya. Selain itu, mual juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit usus buntu.

Setelah mengenal apa saja gejala dari usus buntu, mari kita pelajari apa saja penyebab usus buntu ini.

1. Penyumbatan
Penyebab usus buntu yang pertama yakni penyumbatan pada usus buntu. Penyumbatan ini bisa terjadi karena makanan yang dimakan maupun benda asing yang masuk dalam tubuh. Mengonsumsi biji-bijian dapat membuat usus tersumbat hal tersebut tidak benar, hal tersebut mungkin saja terjadi jika Anda mengkonsumsi bijinya dan tidak dibarengi dengan mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama.

2. Infeksi usus buntu
Usus buntu juga terjadi bisa karena infeksi. Infeksi ini biasanya terjadi karena usus buntu mengalami peradangan maupun karena infeksi bakteri lainnya. Infeksi yang terjadi pada usus buntu bisa saja disebabkan oleh pembengkakan pada usus.

3. Bakteri pada Usus
Penyebab yang terakhir yakni karena bakteri. Bakteri yang biasanya menyebabkan penyakit pencernaan yakni bakteri E Coli. Bakteri ini tidak sekedar bisa merusak sistem pencernaan namun bisa juga mengganggu kesehatan usus buntu.

Usus buntu adalah penyakit yang tidak bisa dikatakan tidak berbahaya, penyebab usus buntu bisa terjadi karena Anda kurang dalam menjaga kesehatan pencernaan. Untuk mencegah hal tersebut Anda tentunya harus menjaga kesehatan Anda sendiri dengan menjaga menerapkan pola hidup yang sehat dan banyak makan makanan yang kaya akan serat dan seimbang untuk tubuh.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab usus buntu, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.