Ingin Kulit Bebas dari Bisul? Ketahui Penyebab Udun Mulai dari Sekarang!

Udun atau bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang pastinya akan membuat orang yang dihinggapinya merasa tak nyaman. Udun ini nyaris serupa dengan jerawat, hanya saja bentuknya lebih besar. Udun biasanya akan mudah Anda temukan dibagian pantat atau bagian tubuh yang lembab. Kendati bukanlah termasuk gangguan kulit yang beresiko, tetapi tidak ada salahnya bila Anda mencegah munculnya bisul karena bisul ini dapat juga meninggalkan bekas yang dapat memengaruhi kecantikan kulit Anda. Sebab itu, kenali penyebab udun melalui informasi di bawah ini.
Penyebab udun
Baca Juga : Penyebab Ulu Hati Sakit
Alergi
Penyebab udun salah satunya karena alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti makanan atau zat-zat kimia. Logikanya, tubuh pastinya mempunyai sistem pertahanan yang biasanya digunakan untuk mencegah bakteri jahat atau zat-zat asing masuk dalam tubuh. Namun, ketika sistem pertahanan tubuh tidak dapat menumpasnya, maka akan muncul bisul-bisul pada tubuh yang biasanya berupa sel darah putih atau sering dimaksud “nanah” dalam bhs jawa.

Kurang Menjaga Kebersihan
Penyebab udun yang lain yaitu kurang menjaga kebersihan tubuh. Tubuh yang kurang bersih akan membuat bakteri atau kuman suka menempel di tubuh Anda. Umpamanya, ketika Anda baru usai beraktivitas seharian, pastinya tubuh Anda penuh dengan keringat. Namun, Anda ternyata malas untuk bersihkan tubuh Anda. Jadi, jangan salahkan bila jamur atau bakteri akan suka beranak pinak di tubuh Anda. Oleh karena itu, bila Anda tidak ingin bisul atau udun ada di tubuh Anda, mulai sekarang rajinlah membersihkan tubuh, sedikitnya dengan mandi 2 kali satu hari.

Kelebihan Protein atau Lemak dalam Tubuh
Penyebab udun selanjutnya yaitu jumlah protein dan lemak yang terlalu berlebih dalam tubuh. Bisul ternyata dapat disebabkan oleh kebiasaan Anda mengonsumsi makanan yang berlemak atau berprotein tinggi dalam jumlah besar. Akibatnya, kelebihan protein itu bisa menimbulkan bisul-bisul di tubuh Anda. Alangkah baiknya, mulai sekarang, Anda kurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti udang dan telur dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur agar bisul atau udun tidak akan menghinggapi kulit cantik Anda.

Setelah Anda mengetahui penyebab udun, tidak ada salahnya Anda tahu bagaimana cara menghindari bisul tumbuh di tubuh Anda. Pertama, Anda dapat menghindari bisul atau udun dengan cara menjaga kebersihan tubuh, jangan sampai Anda membiarkan keringat selalu menempel di tubuh Anda. Kedua, Anda juga dapat pula mengatur pola makan Anda dan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah tubuh, contohnya ; daun pepaya. Daun pepaya ini mempunyai zat antioksidan yang tinggi yang dapat mengusir bakteri penyebab udun dari tubuh Anda. Atau, Anda dapat memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur agar bisul tidak berani hinggap di tubuh Anda. Sekian informasi sekitar udun atau bisul, semoga bermanfaat!