Ingin Organ Pencernaan Baik-Baik Saja, Waspadai Penyebab Usus Lengket

Bisakah Anda bayangkan bila Anda memiliki usus yang lengket? Pastilah dalam benak Anda akan membayangkan bagaimana mengerikannya bila usus keduanya saling menempel. Yang pastinya Anda tahu, Anda akan mengalami masalah pencernaan, perut Anda akan sakit atau nyeri, dan mungkin usus lengket dapat juga menyebabkan kematian Anda, walau dalam jangka panjang. Tapi, apa sebenarnya factor yang menjadi penyebab usus lengket? Bila Anda penasaran dengan sebab-sebab lengketnya salah satu organ pencernaan itu, simak informasinya di bawah ini.
Baca Juga : Penyebab Ulkus

Infeksi Usus
Penyebab usus lengket salah satunya adalah infeksi pada usus. Saat Anda mendengar kata infeksi pastinya infeksi itu disebabkan oleh beberapa hal, misalnya bakteri, kuman, jamur atau hal yang lainnya. Nah, dalam kasus ini yaitu infeksi pada usus. Usus yang lengket dapat karena sebab infeksi yang sudah ada dalam organ pencernaan. Bisa Anda ambil contoh, tubuh pastinya memiliki sampah yang harus dibuang ke luar tubuh dan sampah yang dimaksud yaitu sisa-sisa hasil makanan. Pada orang normal, feses akan dibuang keluar oleh tubuh lewat anus. Namun, untuk orang yang mengalami infeksi usus, ususnya mungkin menumpuk kotorannya pada usus buntu hingga membuat usus menjadi lengket.

Bekas Operasi yang Kurang Bersih
Penyebab usus lengket yang kedua yaitu sisa bekas operasi organ pencernaan. Mungkin, sebagian orang menduga bila seseorang yang mengalami masalah pada organ pencernaannya dan mereka sudah mengambil keputusan untuk melakukan operasi, maka penyakit yang diderita akan dapat sembuh. Tetapi, ternyata perkiraan Anda dapat salah karena bila operasi usus tak benar dilakukan dengan baik, jadi dapat mengakibatkan usus menjadi lengket. Contohnya, saat melakukan operasi usus, dokter kurang bersih dalam membersihkan usus. Kotoran-kotoran yang masih bersarang dalam usus inilah yang akan menyebabkan lengketnya usus satu dengan usus lainnya.

Pendarahan pada Usus
Penyebab usus lengket selanjutnya yaitu pendarahan pada usus. Saat Anda mendengar kata darah saja, mungkin Anda akan merinding. Apalagi bila Anda mendengar pendarahan pada usus, pastilah Anda menganggap hal tersebut menjadi satu hal yang mengerikan. Pendarahan pada usus dapat terjadi karena infeksi usus atau benda tajam yang mengenai usus. Bila pendarahan itu tak segera ditangani atau Anda jadi tidak tahu bahwa terjadi pendarahan pada usus, maka pendarahan usus itu dapat menyebabkan lengketnya usus Anda.

Pemindahan Usus
Bisa saja saat Anda mendengar kata pindahan, Anda sudah tidak kaget bila itu pindahan rumah atau memindahkan barang. Tapi, bila yang dipindah yaitu usus, bisakah Anda membayangkannya? Pemindahan usus biasanya dilakukan pada orang yang tertusuk parah atau orang yang terkena kanker usus. Pemindahan usus itu pastinya bertujuan agar sistem pencernaan dapat kembali jalan dengan normal. Tetapi, tahukah Anda bahwa perpindahan atau pemotongan usus atau perubahan usus ternyata menjadi salah satu factor lengketnya usus. Oleh sebab itu, berhati-hatilah untuk Anda yang pernah melakukan operasi usus, jangan sampai Anda merasakan usus Anda menjadi lengket. Semoga informasi tentang penyebab usus lengket diatas bermanfaat untuk para pembaca.