Ini Dia Gejala dan Penyebab Cacar Air Yang Perlu Anda Ketahui!

Penyakit cacar air merupakan penyakit yang menular. Penyebab cacar air ini disebabkan oleh infeksi virus cacar air yaitu virus Varicella zoster. Adapun gejala awal timbulnya cacar air ini yaitu timbulnya bintik-bintik berisi air dipermukaan kulit ataupun selaput lendir. Bintik-bintik tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh dan berwarna kemerahan termasuk ke area wajah. Penyakit cacar air sendiri dapat dibilang penyakit yang terjadi hanya sekali seumur hidup. Hal ini karena, jika seseorang terserang penyakit ini, maka ia akan mendapatkan kekebalan tubuh yang kuat seumur hidupnya.
Baca Juga :  Penyebab Campak

Penyakit yang sangat menular ini mempunyai tiga tahap pembentukan. Gejala awal cacar air ditandai dengan munculnya sedikit demi sedikit bintik-bintik merah yang rasanya sangat gatal hingga ke seluruh bagian kulit tubuh. Bahkan bintik-bintik merah tersebut hampir menyerupai gigitan serangga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab cacar air disebabkan oleh adanya virus. Sehingga virus ini akan menginfeksi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Maka wajar, jika cacar air terkadang menyerang para bayi dan balita. Tetapi, penyakit ini juga bisa saja menyerang orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Sebelum kita membahas penyebab cacar air lebih detil, terlebih dahulu kita akan membahas ciri-ciri dari penyakit ini. Bagi Anda yang belum mengenal atau belum pernah mengalami penyakit cacar air maka ciri-ciri dari penyakit cacar air ini berawal dari benjolan kecil berwarna merah atau disebut juga bintik-bintik merah. Benjolan kecil atau bintik-bintik merah ini berisi air dengan dinding tipis yang disebut sebagai vesikel atau vesikula. Bintik-bintik merah tersebut akhirnya akan menyebar ke seluruh bagian tubuh hingga ke bagian wajah. Bahkan tak jarang cacar air akan menyerang bagian rongga mulut, hidung dan di bagian mata.

Mungkin Anda semua pernah mendengar, jika seseorang terkena cacar air maka penderita tidak dibolehkan mandi. Padahal, mandi dapat mengurangi infeksi kuman yang masuk ke dalam kulit tubuh. Apalagi penyebab cacar air sendiri disebabkan oleh infeksi virus. Jadi, penderita harus tetap mandi meskipun terserang cacar air. Nah, setelah mandi sebaiknya gunakan handuk bersih yang lembut dan gunakan bedak untuk mengurangi rasa gatal akibat cacar air dengan menggunakan bedak yang memiliki kandungan Menthol Salycil.

Adapun beberapa penyebab penyakit cacar air yang perlu kita ketahui antara lain :

Infeksi virus Varicella-zoster.
Awalnya virus ini akan menginfeksi jaringan kulit beserta selaput luar dibagian dinding rongga mulut atau mukosa. Lalu virus akan mulai menyebar melalui aerogen maupun bagian atas jaringan pernafasan. Setelah virus menyebar melalui aerogen, maka virus akan mulai memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh jaringan pada getah bening dan darah. Jika penderita tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat maka cacar air akan menyebar ke seluruh tubuh.

Kurangnya sistem imunitas tubuh
Kurangnya kekebalan tubuh yang mengakibatkan virus menyebar ke seluruh bagian tubuh. Daya imun ini juga mempengaruhi masa inkubasi penyakit cacar air. Jika penderita tidak mempunyai sistem imunitas yang kuat maka penyakit cacar air akan berlangsung lebih lama.

Gaya hidup tak sehat
Gaya hidup seseorang akan menyebabkan cacar air menyerang tubuh.

Tertular dari orang lain
Karena cacar air sangat mudah sekali menular, maka penyakit ini dapat disebabkan karena tertularnya penyakit cacar air dari penderita sebelumnya.

Nah, itulah 4 penyebab cacar air yang perlu Anda ketahui untuk pencegahan penyebaran virus penyebab cacar air tersebut . Oleh sebab itu, pastikan Anda dan keluarga tetap terjaga dengan menjalani gaya hidup sehat ya!