Mengenal Gejala dan Penyebab Flu Singapura Pada Balita

HMFD atau Hand, Mouth, Foot, Disease adalah nama asli dari penyakit flu Singapura. Flu Singapura bukan hanya bermakna penyakit endemik Singapura, flu ini sudah menyebar di beberapa belahan dunia termasuk di Indonesia. Dinamakan flu Singapura karena pada tahun 2000 yang lalu, flu ini menyebar di Singapura dan menyebabkan banyak anak terserang penyakit ini. Bahkan, hampir satu minggu lebih sekolah di Singapura libur lantaran flu ini. Flu Singapura adalah salah satu jenis penyakit yang serupa flu dan menyerang anak-anak pada usia 2 bulan sampai 5 tahun. Anak yang berumur di atas 5 tahun memang dapat mengidap flu ini. Hanya saja, resikonya lebih kecil dibandingkan yang umurnya kurang dari 5 tahun. Penyebab flu Singapura pada balita ada dua, yakni :
Baca Juga : Penyebab Flu Dan Batuk
Virus
Virus yang menjadi penyebab flu Singapura pada balita ini yaitu virus Coxsackie Aq6 dan Enterovirus 71. Kedua virus ini sering sekali menyebabkan terjadinya komplikasi pada tubuh balita dan bisa menyebabkan kematian. Virus ini menyerang anak dibawah 5 tahun yang kekebalan tubuhnya masih lemah.

Tertular teman
Flu Singapura dapat terjadi pada anak ketika dia sedang bermain dengan temannya yang menderita flu ini. Penyebaran fu Singapura benar-benar sangat cepat karena bisa menyebar dari berbagai media, baik kontak langsung atau tidak. Contohnya saja melalui nafas, bersin, peralatan makan dan lainnya.

Flu Singapura sangat mudah menyebar pada anak balita. Hal ini disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh balita masih sangat rendah dan mudah terserang penyakit. Setelah mengetahui penyebab flu Singapura pada balita, Anda para orangtua juga perlu untuk mengetahui gejala awal anak yang terkena flu Singapura. Gejala flu Singapura dengan flu biasa tentunya hampir sama tapi tetap ada perbedaannya. Berikut gejala-gejala balita terkena flu Singapura :

Demam
Gejala awal anak yang menderita flu Singapura yakni demam tinggi. Demam ini dapat berlangsung sampai tiga hari dan tidak kunjung turun meskipun sudah di kompres ataupun diberi obat.

Nyeri
Penyebab flu Singapura pada balita salah satunya adalah virus, virus akan berkembang dalam tubuh dan membuat anak akan merasakan nyeri pada tenggorokannya pada balita yang masih berumur kurang dari setahun biasanya tidak mau untuk menyusu dan susah makan.

Muncul bintik merah
Gejala yang membedakan flu Singapura dengan flu lainnya yakni munculnya bintik atau ruam merah di tubuh balita. Ruam merah ini akan pecah dan menyebar. Selain itu, di sekitar mulut akan timbul bintik-bintik merah seperti sariawan dalam jumlah yang tidak wajar.

Flu Singapura hanya menyerang balita saja hal ini karena sistem kekebalan tubuh balita yang masih belum sempurna dan mudah sekali terkena virus flu Singapura. Pada beberapa kasus flu Singapura yang sudah terjadi, beberapa diantaranya bisa menyebabkan kematian pada balita. Pengetahuan yang kurang tentang gejala dan juga penyebab flu Singapura pada balita oleh para orangtua menjadi salah satu penyebabnya. Dengan mengetahui gejala dan penyebabnya, orangtua akan lebih waspada dalam menjaga kesehatan anak-anaknya.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab flu singapura pada balita, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.