Penyebab Malaria Quartana dan Gejala yang Ditimbulkan

Malaria adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan koma dan dapat berakhir pada kematian ada empat jenis malaria berdasarkan jenis virus yang menginfeksi. Empat jenis ini yakni Malaria Quartana, Malaria Vivax, Malaria Falciparum, dan Malaria Ovale. Ke empat jenis penyakit malaria ini bisa dibedakan dari gejala yang muncul. Selain itu penyebab dari timbulnya penyakit ini juga berlainan tergantung dari virus yang menginfeksinya. Dalam tulisan kesempatan ini, penulis akan membahas tentang penyebab Malaria Quartana dan gejala yang timbul pada orang yang terkena virus ini.
Baca Juga : Penyebab Quadriplegia atau Kelumpuhan Tulang Belakang

Penyebab Malaria Quartana yang utama yaitu karena penularan virus Plasmodium Malarie, penyebaran virus ini bisa terjadi dengan dua cara yakni :

1. Gigitan nyamuk Anopheles
Faktor utama penyakit Malaria Quartana yang pertama dan utama yaitu gigitan dari nyamuk Anopheles betina. Gigitan yang disebabkan oleh nyamuk ini langsung menginfeksi darah yang ada dalam tubuh. Darah yang telah terinfeksi selalu menyebar ke seluruh badan. Hanya memerlukan hitungan hari saja tubuh akan merasakan gejala dari penyakit ini. Nyamuk Penyebab Malaria Quartana ini berkembang biak di tempat-tempat yang berawa dan terdapat banyak genangan air. Orang yang tinggal di dekat rawa akan lebih beresiko. Selain itu, rumah yang banyak genangan air juga dapat menjadi sarang nyamuk ini. Terutama jika musim penghujan tiba, banyak sekali genangan air dan penyebaran virus ini semakin cepat tertular.

2. Transfusi darah
Penyebab yang kedua yakni karena transfusi darah. Darah orang yang terjangkit penyakit Malaria Quartana jika ditransfusikan pada orang yang sehat dapat langsung tertular. Oleh sebab itu, ketika akan melaksanakan transfusi darah yakinkan jika dalam keadaan sehat. Selain itu, Anda yang akan di transfusi harus meyakinkan jika darah tersebut bebas dari penyakit yang berbahaya termasuk salah satunya penyakit Malaria Quartana ini.

Setelah mengetahui penyebab Malaria Quartana, Anda juga perlu untuk mengetahui gejala dari penyakit Malaria Quartana ini. Gejala yang timbul diantaranya yakni :

1. Demam
Demam terjadi setelah empat hari nyamuk menggigit. Demam akan mulai dirasakan diikuti dengan sakit kepala yang sangat. Biasanya demam yang terjadi pada orang yang terinfeksi sangat tinggi.

2. Berkeringat dingin
Gejala Malaria Quartana yang kedua yakni berkeringat dingin. Meskipun suhu badannya panas namun mengeluarkan keringat dingin yang sangat banyak. Selain berkeringat dingin tubuh juga terasa menggigil.

3. Kehilangan kesadaran
Gejala yang terakhir yakni kehilangan kesadaran. Gejala ini timbul setelah penyakit Malaria Quartana ini sangat parah. Kehilangan kesadaran ini dapat mencapai koma dan berakhir dengan kematian.

Penyebab Malaria Quartana memang sepele hanya karena gigitan nyamuk, namun yang menggigit yaitu nyamuk yang berbahaya dan mengandung virus. Penyakit malaria quartana memang hanya di derita oleh hanya 7% penderita malaria didunia, namun tetap saja harus di waspadai. Salah satu negara yang beresiko terjangkit penyakit malaria ini yaitu Indonesia. Indonesia yang mempunyai iklim tropis ini sangat mendukung dalam perkembangbiakan jenis nyamuk ini.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab Malaria Quartana, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.