Penyebab Orang Merokok dan Efek Sampingnya

Banyak alasan penyebab orang merokok walaupun peringatan efek sampingnya selalu dikeluarkan. Tetapi peringatan tersebut tidak menyurutkan ketertarikan kaum pria sebagai penikmat rokok berhenti dari kebiasaan buruk tersebut . Banyak alasan mereka untuk memperkuat alasan masih menghisap rokok. Seperti alasan karena stres, mereka sering mengobati rasa stres tersebut dengan merokok. Minum kopi untuk beberapa besar kaum pria juga berasumsi lebih lengkap dengan menghisap rokok. Serta berbagai alasan lain yang menjadi pembenaran seseorang untuk tetap saja merokok.
Baca Juga : Penyebab Osteoarthritis
Penyebab lain seseorang menjadi perokok berat yaitu faktor lingkungan. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi kebiasaan dan pola pikir seseorang terhadap bahaya rokok. Penyebab orang merokok dari faktor lingkungan dapat di lihat dari lingkup kecil yakni keluarga. Jika di dalam lingkup keluarga terdapat anggota keluarga yang menjadi perokok, maka kemungkinan besar anggota keluarga lainnya bisa menjadi perokok. Lingkup lebih luas lagi bisa menjadi faktor penyebab seseorang menjadi pecandu rokok adalah faktor pergaulan. Pengawasan sebagai orangtua tentu tidak selamanya dapat memantau anak dalam pergaulan sehari-hari, jika lingkungan pergaulan tersebut dominan dengan kaum perokok, maka hal tersebut dapat menjadi pemicu seseorang menghisap rokok.

Faktor pendorong seseorang menjadi pecandu rokok selanjutnya yaitu dari coba-coba. Awalnya seseorang mendapat bujukan dari teman, lalu pelan-pelan menjadi terbiasa menghisap rokok. Penyebab orang merokok tersebut karena telah merasa kecanduan. Karena mereka tidak menyadari kandungan nikotin pada rokok mempunyai zat yang menyebabkan orang mengalami ketergantungan terhadap rokok. Awal menjadi perokok mereka hanya 1 sampai 2 batang setiap hari, selanjutnya tentu akan semakin meningkat jumlah batangan rokok yang dihisap.

Efek samping menjadi perokok
Pemerintah tidak henti-hentinya memberi peringatan keras terhadap bahaya merokok. Bahkan, beberapa waktu terakhir kebijakan pemerintah yang baru yakni memberi gambar pada kemasan rokok. Tetapi gambar bahaya merokok itu juga tidak membuat pecandu rokok berhenti. Penyebab orang merokok tetap menjadi alasan utama hingga tidak dapat berhenti merokok. Padahal, dari setiap lapisan rokok tersebut mempunyai kadar bahaya efek samping yang bermacam-macam. Tetapi bahaya merokok itu lebih dominan oleh efek samping penyakit seperti berikut :

Kanker paru-paru
Efek samping dari bahaya asap rokok yaitu menyebabkan penyakit paru-paru. Zat nikotin dari daun tembakau akan melekat pada paru-paru yang dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Kanker jantung
Efek samping dari bahaya merokok selanjutnya yaitu bahaya kanker jantung. Asap rokok yang dihisap ini bisa menyebabkan aterosklerosis. Efek samping ini dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini dapat berakibat buruk seperti penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Penyempitan pembuluh darah tersebut cukup beresiko menyebabkan pembengkakan pada jantung karena terlalu banyak udara daripada darah yang mengalir. Tetapi hal ini tidak menyurutkan alasan penyebab orang merokok. Maka sekarang kembali kepada pribadi masing-masing terhadap efek samping asap rokok.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab orang merokok, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.