Perhatikan dengan Pasti Penyebab Mimisan pada Anak

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung dan bisa terjadi pada anak-anak. Terkadang peristiwa tersebut terjadi secara spontan tanpa sebab yang pasti. Seorang ibu pasti akan merasa cemas ketika melihat anaknya mengeluarkan darah dari dalam hidung. Terlebih jika darah yang dikeluarkan dalam jumlah yang banyak dan anak juga cenderung ikut panik dan menjadi rewel. Sebaiknya jika Anda adalah orangtua yang bijak, Anda harus benar-benar mencari penyebab mimisan pada anak. Karena dikhawatirkan peristiwa tersebut akan sering terjadi.
 Baca Juga : Penyebab Perut Buncit

Apa saja hal yang bisa menyebabkan terjadinya mimisan? Pertanyaan tersebut akan dijelaskan pada uraian dibawah ini :

Terjadinya infeksi pada tubuh anak
Infeksi bisa disebabkan karena bakteri dan juga virus. Suatu kondisi akan menyebabkan terjadinya infeksi pada anak, contohnya infeksi yang terjadi pada selubung akar rambut di bagian rongga hidung atau dalam dunia kedokteran disebut visibilitas. Jenis infeksi lainnya yang bisa menyebabkan mimisan yakni sinusitis. Infeksi tersebut bisa terjadinya karena adanya peradangan di bagian sinus atau rongga hidung. Jika anak mengalami suatu penyakit bisa juga menyebabkan terjadinya mimisan, contohnya penyakit demam berdarah yang akan membuat anak Anda mengalami mimisan. Jika anak Anda mengalami penyebab mimisan berupa adanya infeksi, sebaiknya Anda segera mengecek kesehatan anak ke dokter agar infeksi yang terjadi dapat segera teratasi.

Terjangkit Alergi
Alergi tidak hanya terjadi pada orang yang sudah dewasa, namun juga pada anak. Bahkan anak yang berusia dibawah 5 tahun akan lebih mudah mengalami suatu alergi yang akan ditandai dengan terjadinya bersin-bersin, flu yang bisa dibarengi dengan batuk yang berdahak serta aroma napas yang cenderung berbau. Alergi bisa terjadi karena konsumsi makanan tertentu yang membuat terjadinya penolakan zat didalam tubuh. Penyebab mimisan karena alergi bisa Anda hindari dengan cara menghindari suatu hal yang menyebabkan anak menjadi alergi.

Trauma Hidung
Terjadinya trauma pada hidung trauma yang menjadi penyebab mimisan bisa berupa trauma yang kecil dan trauma yang besar. Trauma yang kecil yang menyebabkan anak mengalami mimisan bisa terjadi karena anak terlalu dalam mengorek hidung. Sedangkan trauma dalam kategori yang besar yakni trauma yang terjadi akibat terjadinya kecelakaan. Mimisan yang terjadi karena trauma terdapat kerusakan di bagian konka. Anda bisa menghindari mimisan tersebut dengan memberikan pengertian dan perhatian pada anak untuk tidak melakukan hal yang bisa membahayakan kesehatan rongga hidung.

Adanya kelainan yang terjadi pada darah
Kelainan pada darah juga menjadi penyebab mimisan. Kelainan pada darah yang menyebabkan mimisan diantaranya leukemia dan hemophilia. Leukemia terjadi karena jumlah sel darah putih lebih banyak dibanding dengan sel darah merah sehingga sel darah putih akan memakan sel darah merah yang terdapat didalam tubuh. Hemofilia yaitu kelainan yang menyebabkan darah menjadi sulit membeku.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab mimisan pada anak, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.