Kenali 4 Penyebab Jantung Bengkak

Penyebab jantung bengkak harus Anda pahami betul agar Anda dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung bengkak tersebut . Ya, penyakit jantung memang penyakit nomor satu yang dapat mematikan penderitanya sehingga Anda betul-betul wajib mewaspadainya. Penyakit jantung bengkak secara medis disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh jantung sehingga kerja jantung juga dapat terganggu. Penyakit ini dapat juga disebabkan oleh kelainan pada katup jantung sehingga jantung pun tidak dapat bekerja dengan maksimal. Nah, kini saatnya Anda untuk mengetahui penyebab dari jantung bengkak lebih detail, agar Anda dapat mencegah penyakit ini sejak awal.
Baca Juga : Penyebab Jantung Koroner

Kurang Gerak
Kurang gerak atau kurang beraktivitas ternyata dapat menjadi salah satu penyebab jantung bengkak. Ketika Anda kurang senang melakukan aktivitas, otomatis zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh akan menumpuk di tubuh Anda, contohnya keringat dan lemak. Mengapa demikian? dengan Anda sedikit bergerak, maka metabolisme dalam tubuh juga tidak akan berjalan dengan lancar. Dengan kata lain, beberapa zat yang tidak diperlukan dalam tubuh juga tidak dapat terbuang dengan sempurna. Akibatnya, lemak dapat menumpuk dalam pembuluh darah dan lemak itulah yang dapat membuat jantung Anda menjadi bengkak.

Faktor Keturunan
Penyebab jantung bengkak tidak hanya disebabkan karena suatu penyakit atau gaya hidup yang tidak sehat. Tapi, pembengkakan pada jantung dapat disebabkan juga oleh faktor keturunan. Ketika anggota keluarga Anda punya kelainan pada jantungnya, contohnya kelainan katup jantung atau jantung bocor, maka kemungkinan keturunannya akan memiliki jantung yang sama. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan jantung Anda agar Anda tidak menurunkan penyakit yang bisa membahayakan keturunan Anda.

Penurunan fungsi otot jantung
Penyebab jantung bengkak yang selanjutnya yaitu menurunnya fungsi otot jantung. Penurunan fungsi otot jantungpun bisa disebabkan karena usia Anda yang sudah tidak muda lagi atau gaya hidup Anda yang kurang baik. Saat otot-otot pada jantung sudah tak lagi berfungsi dengan baik, maka jantung juga akan kerja ekstra keras dalam melakukan pekerjaannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika hal tersebut terlalu sering terjadi, maka akan terjadi pembengkakan pada jantung yang dapat menyebabkan kematian di kemudian hari jika tidak segera diatasi.

Diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan karena kandungan gula dalam darah meningkat. Penyakit ini menyebabkan darah menjadi kental. Tetapi tahukah Anda jika penyakit diabetes ini lama-lama akan menyebabkan pembengkakan pada jantung. Hal itu dikarenakan darah yang kental membuat jantung bekerja ekstra dalam memompa darah. Darah yang kental tersebut akan menyumbat pembuluh darah atau mempersempit pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah akan membengkak dan jantung juga tidak akan berfungsi dengan baik.

Semoga informasi tentang penyebab jantung bengkak di atas bermanfaat untuk para pembaca.