Penyebab Cacing Kremi dan Cara Mengatasinya

Kita semua pastinya pernah atau sering mendengar penyakit cacingan. Penyebab cacing kremi atau penyakit cacing kremi ini biasanya disebabkan akibat infeksi cacing Enterobius vermicularis yang disebut dengan juga istilah enterobiasis. Cacing kremi sendiri biasanya menyerang daerah di sekitar anus dan menimbulkan rasa gatal-gatal yang hebat. Infeksi cacing kremi sendiri terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama, yakni di mana telur cacing akan berpindah dari anus penderita cacing kremi ke pakaian, mainan atau seprei. Lalu tahap selanjutnya cacing akan berpindah ke mulut anak melalui jari-jari tangan.
Baca Juga : Penyebab Cikungunya

Penyebab cacing kremi yang sudah masuk ke mulut anak ini pada akhirnya akan tertelan. Setelah itu, maka larva cacing akan menetas dalam usus kecil lalu akan tumbuh didalam usus besar menjadi cacing dewasa. Biasanya proses pematangan itu sendiri berlangsung selama 2-6 minggu. Nah, pada akhirnya cacing betina akan menyimpan telurnya di daerah sekitar anus tepatnya pada lipatan kulit anus si penderita. Lalu telur tersebut akan disimpan pada suatu bahan yang lengket. Dan inilah yang menyebabkan penderita merasakan gatal-gatal di sekitar anus karena gerakan dari cacing betina tadi. Jika tidak segera ditangani, maka telur akan menetas menjadi cacing muda yang lalu masuk kembali ke dalam usus bagian bawah.

Penyebab cacing kremi bukan hanya disebabkan oleh perpindahan cacing dari anus ke mulut si penderita saja. Akan tetapi, infeksi cacing kremi ini juga bisa disebabkan akibat terhirupnya telur cacing kremi mikroskopis yang terhirup melalui udara yang selanjutnya akan membuat jalan ke dalam usus. Setelah 1-2 bulan, maka cacing betina akan bergerak menuju dubur untuk bertelur. Sehingga menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan gatal-gatal. Nah, ketika penderita menggaruknya, maka tanpa sengaja cacing kremi tersebut akan ditularkan pada orang lain melalui jari tangan si penderita cacing kremi itu.

Berdasarkan penyebab cacing kremi diatas, maka Anda dapat mengatasi penyakit cacing kremi tersebut dengan cara seperti berikut :
  • Membangun kesehatan tubuh. Kita harus menjaga kesehatan tubuh kita diawali dari menjaga gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Seperti membersihkan tangan sebelum makan dan setelah buang air besar, mencuci baju, membersihkan seprei dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari diri dari infeksi cacing kremi yang berpindah tempat dan juga mencegah orang lain terinfeksi atau tertular cacing kremi yang diderita.
  • Hindari menggaruk anus atau sekitar anus. Dengan menggaruk anus, maka Anda akan mempermudah cacing untuk menyebarkan telurnya. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal ini Anda harus menghindari menggaruk ketika merasakan gatal-gatal di daerah anus.
  • Memotong dan membersihkan kuku jari kaki dan jari tangan. Hal ini untuk menghindari menempelnya telur cacing pada kuku Anda.
  • Menjauhkan tangan dan jari tangan dari mulut dan juga hidung. Hal ini untuk menghindari tertelannya telur cacing yang tersebar melalui jari tangan Anda.
Nah, itulah pembahasan mengenai penyebab cacing kremi berikut cara mengatasinya untuk Anda. Semoga bermanfaat!