Penyebab Demam Berdarah dan Pengobatannya

Tahukah Anda apa saja penyebab demam berdarah? Pengertian demam berdarah dan sumber penyebabnya adalah hal yang wajib Anda ketahui. Sebab penyakit ini adalah penyakit virus berbahaya yang mengancam hidup jika tidak segera ditangani secara cepat dan benar. Ini disebabkan karena ada beberapa kasus penyakit ini yang berasumsi gejala awal demam berdarah adalah gejala demam biasa. Dianggap gejala demam layaknya seseorang terkena virus flu, radang dan sebagainya. Padahal demam tersebut adalah gejala awal demam berdarah, karena penyakit demam berdarah merupakan suatu penyakit demam tinggi yang disebabkan oleh serangan virus dari gigitan nyamuk aides aigepti atau di kenal dengan demam berdarah dengue (DBD).
Baca Juga : Penyebab Diabetes

Gejala awal seseorang terkena demam berdarah adalah merasakan demam tinggi dan muncul bintik merah pada kulit. Hal tersebut disebabkan oleh virus yang tertular melewati gigitan nyamuk tersebut sudah menyerang sel darah dalam tubuh. Jika nyamuk penyebab demam berdarah menggigit kita, maka dalam waktu singkat seseorang akan mulai merasakan gejala demam tinggi. Selain itu, hal ini juga dibarengi tubuh menggigil. Jika sudah terjadi seperti itu, maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan serius. Sebab, jika tidak segera ditangani secara serius, virus dari demam berdarah akan berakibat fatal. Dokter biasanya akan memberikan resep obat berupa acetaminophen yang berfungsi untuk nyeri pada tulang serta memberi obat anti radang.

Bagi Anda yang belum pernah terkena penyebab demam berdarah, maka sebaiknya lakukanlah cara pencegahan lebih awal. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dan mencegah pertumbuhan nyamuk aides aigepti sebagai penyebar demam berdarah. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan 3M meliputi :

Menguras
Menguras tempat air seperti bak mandi, ember air bersih untuk minum, menguras penampungan air secara teratur minimum 1 minggu sekali. Cara pencegahan alami menguras penampungan air ini secara tidak langsung mencegah perkembangan jentik nyamuk demam berdarah dengue. Penyebab demam berdarah salah satunya karena tidak rutin menguras dan membersihkan penampungan air. Anda juga dapat memelihara ikan di bak mandi. Sebab ikan dapat membasmi jentik nyamuk termasuk jentik nyamuk DBD.

Menutup
Pencegahan selanjutnya yaitu menutup bak dan penampungan air secara rapat. Penyebab demam berdarah dapat berkembang biak karena kita tidak menutup air rapat-rapat. Sehingga nyamuk tetap dapat masuk ke dalam air dan bertelur. Terlebih jika dalam musim hujan, nyamuk ini akan bertelur dan bersarang dalam genangan air.

Mengubur
Mengubur semua macam tempat atau perkakas yang sudah tidak terpakai dan dapat menampung air. Terkadang kita kurang perduli dengan kebersihan lingkungan. Untuk mengurangi pertumbuhan nyamuk dengan mengubur barang yang dapat menampung air. Sebab hal itu dapat menjadi tempat sarang nyamuk demam berdarah.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab demam berdarah dan cara alami serta pencegahan alami yang dapat dilakukan untuk memberantas nyamuk demam berdarah. Mari kita lebih peduli menjaga kebersihan lingkungan kita.