Ragam Penyebab Dada Sakit

Terdapat banyak hal yang menjadi penyebab dada sakit. Tubuh manusia merupakan suatu sistem yang sangat rumit. Didalam tubuh manusia ada banyak sekali organ tubuh yang saling menyokong satu sama lain. Dari setiap organ, mempunyai fungsi yang berbeda-beda namun tetap saling berkaitan. Dengan kata lain, jika ada satu organ saja yang mengalami gagal fungsi atau yang lebih di kenal dengan malfunction, organ yang lain akan merasakan kegagalan yang sama. Dan jika kegagalan tersebut terjadi, maka tubuh akan bereaksi secara negative dengan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu.
Baca Juga : Penyebab Darah Kental

Seperti yang sudah disinggung pada awal artikel, bahwa penyebab dada sakit sangat beragam, maka di sini akan diterangkan apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan dada menjadi nyeri. Yang pertama yaitu Angina. Angina adalah kondisi di mana dada akan terasa sakit yang sangat berkaitan erat dengan organ jantung. Salah satu organ vital yang ada di tubuh manusia ini berperan memompa darah, dan mengalirkannya ke seluruh tubuh sehingga tubuh akan memperoleh pasokan oksigen untuk tetap bekerja. Jadi, Angina akan terjadi ketika jantung mengalami masalah pada saat memompa darah yang masuk ke dalam jantung.

Penyebab dada sakit bukan hanya berasal dari jantung saja, tetapi dari organ lambung juga bisa terjadi. Lambung termasuk ke dalam jalur sistem pencernaan, jadi jika lambung seseorang terganggu, pencernaannya akan terganggu. Didalam lambung semua makanan akan dilumat dengan cairan yang ada didalam lambung, jika makanan yang dikonsumsi mempunyai sifat panas atau pedas, maka lambung akan bekerja lebih ekstra untuk dapat melumatnya. Sisi negative dari penambahan kerja oleh lambung adalah akan semakin tingginya zat asam yang akan memenuhi lambung dan sebagai akan menekan terus ke kerongkongan, sehingga rasa sakit di bagian dada bisa saja terjadi.

Penyebab dada sakit yang selanjutnya disebabkan oleh penyakit lain seperti darah tinggi. Karena tubuh manusia adalah suatu sistem yang saling berkaitan, maka tidak heran jika bagian lain yang tidak berfungsi dapat menyebabkan suatu hal yang fatal. Salah satunya adalah penyakit darah tinggi yang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian dada. Hal semacam ini karena sebab adanya pembelahan dari aorta atau arteri utama jantung, sehingga menyebabkan pendarahan pada organ jantung. Rasa sakit yang timbul biasanya bersifat mendadak atau yang lebih di kenal dengan sebutan disekti aorta.

Penyebab dada sakit yang terakhir yang bisa terjadi ialah spasme esophagus. Kondisi ini dapat terjadi di mana otot-otot yang melapisi di bagian esophagus mengalami kejang atau tidak berfungsi dengan baik. Hal yang bisa menyebabkan otot-otot tersebut kejang adalah adanya tumbuhkan di bagian dada oleh benda tumpul. Hal ini akan sangat rawan jika tidak segera diatasi, karena bisa menyebabkan jantung berhenti bekerja.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab dada sakit, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.