Bagaimana Mencegah Munculnya Penyebab Jerawat Batu?

Wajah berjerawat saja sudah membuat kita sebal dan kurang percaya diri, terlebih jika di wajah kita terdapat jerawat batu? Sebenarnya apa sih penyebab jerawat batu? Jerawat batu merupakan sejenis jerawat yang bentuknya besar dan keras jika ditekan. Ukuran jerawat batu biasa jauh lebih besar dari pada jerawat biasa dan warnanya kemerahan. Beberapa orang yangmempunyai jerawat batu yang cukup banyak di wajahnya sehingga terlihat mengerikan. Terlebih warnanya merah kehitaman seperti radang kulit. Jika tidak diatasi dengan benar, jerawat batu bisa menimbulkan bekas pada kulit wajah yang sulit di hilangkan.
 Baca Juga : Penyebab Janin Tidak Berkembang

Berikut adalah penyebab jerawat batu yang sebaiknya Anda ketahui :

Hormon
Jerawat batu biasanya terjadi karena adanya ketidak-seimbangan hormon. Ketidak-seimbangan hormon ini normal terjadi pada saat pubertas. Ini mengapa banyak remaja mengalami masalah dengan jerawat batu. Wanita hamil atau yang akan mendapatkan menstruasi juga kerapkali mempunyai masalah ketidak-seimbangan hormon yang bisa menimbulkan jerawat batu.

Faktor Genetik
Orangtua yang rawan menderita jerawat batu biasanya menurunkan hal tersebut kepada anak-anaknya. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan yang menjadi penyebab jerawat batu kemungkinan ini juga dimiliki oleh keturunannya. Oleh sebab itu, jika Anda atau orangtua menderita jerawat batu, pastikan Anda melakukan pencegahan agar generasi berikutnya tidak mengalami masalah yang sama.

Stress
Tekanan hidup atau tekanan pekerjaan bisa menimbulkan stress yang mengganggu kesehatan mental Anda. Stress membuat tubuh mudah terserang penyakit dan kulit menjadi tampak tidak sehat. Kulit yang tidak terawat baik bisa menjadi penyebab jerawat batu muncul. Oleh sebab itu, selalu membersihkan wajah dengan benar. Cari cara untuk menghilangkan stress. Olahraga dan konsumsi makanan bergizi merupakan cara ampuh untuk mengurangi stress.

Kurang Menjaga Kebersihan Kulit
Kulit yang penuh minyak dan kotoran harus selalu dibersihkan, sedikitnya dua kali sehari. Jika Anda sering ada diluar ruangan, sebaiknya kulit wajah dibersihkan setiap empat jam sekali. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit berminyak. Sabun wajah yang khusus untuk kulit berminyak merupakan produk yang tepat untuk dipakai.

Salah kosmetik
Jerawat batu juga dapat disebabkan oleh kesalahan dalam memilih atau menggunakan kosmetik. Beberapa bahan yang terdapat dalam kosmetik memiliki kandungan minyak dan mineral yang tinggi. Jika kulit Anda tidak tahan, kandungan tersebut bisa menjadi penyebab jerawat batu muncul. Oleh sebab itu, yakinkan Anda menggunakan kosmetik, baik untuk perawatan ataupun untuk koreksi kosmetikyang tidak mengandung minyak atau yang dapat menimbulkan jerawat.

Jangan Memencet Jerawat
Terkadang ketika jerawat batu muncul kita merasa risih dan ingin memencetnya agar segera hilang. Hati-hati, cara tersebut malah akan memperparah kondisi jerawat dan meninggalkan bekas pada kulit. Sebaiknya gunakan obat jerawat atau biarkan dokter kulit atau ahli di klinik kecantikan yang melakukannya.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab jerawat batu , semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.