Faktor Utama Penyebab Gagal Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang perannya sangat penting dalam keberlangsungan sistem metabolisme tubuh. Ginjal memproses zat sisa dalam tubuh yang selanjutnya dijadikan air seni dan juga keringat. Selain itu, fungsi ginjal yang utama yaitu menyaring darah dalam tubuh. Kerja ginjal sangat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh, jika ginjal mengalami kerusakan tentunya akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kerusakan ginjal yang paling fatal yakni gagal ginjal. Gagal ginjal berarti ginjal sudah tidak dapat bekerja lagi sebagaimana mestinya. Penyebab gagal ginjal diklasifikasikan menjadi 3 yakni perenial, renal, dan post renal.
Baca Juga : Penyebab Gusi Bengkak

Klasifikasi penyebab gagal ginjal yang pertama yakni prerenal. Penyebab prerenal ini berhubungan dengan aliran darah ke ginjal. Ada beberapa penyebab prerenal pada gagal ginjal, diantaranya :

Dehidrasi
Dehidrasi kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Ada dua macam dehidrasi yakni dehidrasi akibat terlalu banyak mengeluarkan cairan dan dehidrasi karena kurang asupan cairan ke dalam tubuh. Dehidrasi akibat banyak mengeluarkan cairan biasanya disebabkan karena diare, muntah-muntah, demam, berkeringat, dan lain sebagainya. Agar tidak dehidrasi air putih yang dikonsumsi harus lebih banyak. Dalam keadaan sehat minimal harus minum satu liter air putih dalam sehari.

Hipovolemia
Hipovolemia adalah kejadian di mana tubuh kekurangan darah, contohnya karena kecelakaan, luka yang terus menerus mengeluarkan darah, dan pendarahan lainnya. Kondisi kekurangan darah ini dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal prerenal.

Gangguan aliran darah
Gangguan aliran darah ke ginjal bisa diakibatkan karena adanya sumbatan antara saluran pembuluh darah ke ginjal.

Obat-obatan
Pengaruh obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Obat-obatan seperti obat pelancar air seni, bisa menyebabkan tubuh kekurangan air karena air seni yang dikeluarkan terlalu banyak karena pengaruh obat ini.

Klasifikasi penyebab gagal ginjal yang kedua yakni renal. Penyebab ini terjadi langsung pada ginjalnya. Berikut beberapa faktor renal pada kegagalan ginjal :

Sepsis
Sepsis keadaan di mana sistem imun tubuh tidak dapat melawan infeksi atau virus dalam tubuh sehingga virus tersebut menular ke seluruh tubuh dan bisa menjadikan ginjal menjadi rusak dan gagal.

Rhabdomyolysis
Kondisi di mana adanya kerusakan pada otot sehingga menyumbat ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Glomerulonefritis akut
Kondisi ini di mana sistem penyaringan ginjal mengalami peradangan dan bisa mengakibatkan kerusakan ginjal secara permanen.

Klasifikasi yang terakhir dari penyebab gagal ginjal yakni paternal. Post renal ini bersumber pada aliran urine. Berikut penyebab dari gagal ginjal post renal :

Obstruksi
Obstruksi adalah kondisi di mana ureter mengalami penyumbatan. Hal semacam ini bisa memberikan tekanan pada ginjal dan dapat rusak secara permanen.

Kanker prostat
Kanker prostat menghambat saluran kandung kemih sehingga membuat air seni tidak dapat keluar melalui saluran yang semestinya.

Tumor
Tumor pada perut bisa menghalangi ureter sehingga menghambat ginjal untuk mengeluarkan zat sisa berupa air seni.

Batu ginjal
Batu ginjal bisa terbentuk karena endapan kristal pada saluran pada ginjal dan kandung kemih, hal ini bisa menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkan zat sisa secara normal dan bisa menyebabkan ginjal rusak.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab gagal ginjal, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.