Inilah Penyebab Cantengan Akut

Mungkin kita semua pernah mendengar tentang penyakit cantengan. Namun, tidak banyak dari kita yang mengetahui penyebab cantengan tersebut. Penyakit cantengan mungkin terlihat sepele untuk kita, namun jika dibiarkan lama-lama penyakit ini dapat berbahaya lho! Cantengan biasanya terjadi pada kuku baik kuku jari tangan ataupun di jari kaki. Biasanya cantengan disebabkan oleh menggunting kuku terlalu pendek. Penyakit cantengan sendiri biasanya terasa nyut-nyutan dan sangat menyiksa. Cantengan disebut juga sebagai paronychia yakni suatu infeksi yang terjadi pada lipatan kuku yang ditandai dengan pembengkakan pada lipatan kuku dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.
Penyebab Cantengan
Baca Juga : Penyebab Cegukan

Jadi penyebab cantengan tersebut disebabkan akibat infeksi yang terjadi baik di sekitar kuku jari tangan ataupun kuku jari kaki. Penyakit cantengan sendiri bersifat akut, namun bisa juga parah apabila tidak segera ditangani. Cantengan awalnya terjadi akibat masuknya bakteri Staphylococcus aureus melalui robekan kulit yang disebabkan oleh trauma yang terjadi pada lapisan kuku, iritasi parah maupun hilangnya kutikula. Ketika cantengan terjadi maka kuku akan terasa sangat sakit dan berwarna kemerahan.

Sebelum kita membahas penyebab cantengan lebih lanjut sebelumnya kita bahas lebih dulu tanda atau gejala awal dari cantengan. Seperti yang dibicarakan sebelumnya gejala awal dari cantengan berupa bengkak-bengkak dan kemerahan di sekitar kuku, kuku akan sangat sakit saat di sentuh, jika cantengan berlangsung maka kulit di sekitar kuku akan berubah warna menjadi kuning kehijau-hijauan. Hal ini disebabkan karena adanya nanah yang terdapat dibawah kuku atau tepat pada kulit yang biasa di sebut abses. Tak jarang, cantengan juga dapat menyebabkan bau yang tak sedap.

Adapun penyebab cantengan yang perlu kita ketahui, sebagai berikut ini :
  • Cantengan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang biasanya menyebabkan infeksi. Bakteri yang menyebabkan cantengan lainnya yaitu Streptococcus, pseudomonas, dan juga sejenis bakteri anaerob.
  • Cantengan biasanya disebabkan oleh aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan buruk seseorang, contohnya seperti mengisap jari, manicuring, menggunakan kuku palsu, dan menggigit kuku.
  • Penyebab cantengan berikutnya yaitu disebabkan oleh peristiwa yang menyebabkan traumatis yang dapat memecah penghalang fisik yang berada diantara kuku dan kuku. Kemungkinan gangguan ini merupakan suatu gangguan infiltrasi organisme menular.
  • Cantengan juga bisa disebabkan oleh manifestasi dari penyakit lainnya, seperti halnya pemohigus vulgaris. Meskipun sebab ini jarang terjadi, namun kasus cantengan ini terbilang cukup serius bahkan bisa menyebabkan pendarahan.
Jadi, meskipun cantengan terbilang sangat sepele namun jika dibiarkan dan belum diketahui penyebabnya secara pasti dapat menjadi penyakit yang cukup serius yang dapat menyiksa kulit di sekitar kuku Anda. Jangan sepelekan penyakit cantengan ini jika Anda tidak mau mengalami masalah serius. Sebaiknya kenali lebih dulu apa penyebab cantengan yang menyerang kuku Anda!

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab cantengan akut, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.