Ini Dia Tips dan Penyebab Cegukan Pada Bayi

Apa sih penyebab cegukan pada bayi? Ya, cegukan pada bayi seringkali terjadi. Cegukan adalah suatu gerakan refleks yang berasal dari tubuh dan menimbulkan suara khas yang diakibatkan oleh adanya iritasi yang berasal dari diafragma. Cegukan pada bayi tentunya sangat mengganggu aktivitas bayi. Bayi biasanya mengalami cegukan ketika cuaca dingin, maupun setelah makan maupun minum susu. Bagi bunda yang bayinya cegukan, bunda jangan cemas selagi bayi bunda masih dapat tersenyum dan beraktivitas seperti biasa meskipun sedang cegukan.
Baca Juga : Penyebab Cegukan Terus Menerus

Sebelum kita membahas apa saja penyebab cegukan pada bayi, kita kenali lebih dahulu proses cegukan yang terjadi secara spontan ini. Bagian terpenting pada tubuh yang menekan terjadinya cegukan pada bayi yaitu diafragma. Nah, diafragma ini sebenarnya sangatlah berperan penting dalam proses metabolisme ataupun dalam perjalanan respirasi. Nah, diafragma inilah yang mengatur keluar masuknya udara selama proses pernafasan berlangsung. Ketika cegukan terjadi, maka peran dari diafragma tersebut akan terganggu dan tentunya sangat mengganggu bayi bunda yang sedang beraktivitas.

Lalu, apa saja penyebab cegukan pada bayi? Berikut ini penjelasannya :
  • Terjadi penurunan suhu yang menyebabkan bayi menjadi kedinginan sehingga menyebabkan terjadinya cegukan.
  • Cegukan terjadi ketika bayi tertawa ketika sedang minum, atau melakukan dua hal sekaligus.
  • Cegukan juga terjadi akibat cara menyusui yang kurang tepat. Biasanya terjadi karena puting kurang masuk ke dalam mulut bayi, atau posisi bayi yang tidak tepat saat disusui di mana posisinya tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi. Sehingga perut bayi tidak berhadapan langsung dengan perut sang Ibu. Akhirnya menyebabkan kelebihan udara masuk terhisap oleh bayi.
  • Ada banyak udara yang terhisap oleh sang bayi ketika lubang dot terlalu besar, khususnya ketika bayi minum susu botol.
  • Terjadinya stress pada bayi yang menyebabkan bayi menjadi cegukan.
  • Cegukan juga bisa terjadi ketika bayi kemasukan sesuatu atau zat asing ke saluran telinga.
Itulah 6 penyebab cegukan pada bayi yang perlu Anda ketahui, untuk mengatasinya maka Anda harus melakukan hal-hal berikut ini :
  • Pastikan bayi dalam keadaan aman dan terjaga dari suhu dingin. Jika cuaca sedang dingin, maka pakaikan baju hangat untuk bayi agar bayi terasa nyaman.
  • Apabila bayi cegukan ketika sedang disusui, cobalah bunda ganti posisi menyusui dan terus susui bayi bunda sampai cegukan berhenti.
  • Perhatikan lubang atau regulator pada botol dot bayi. Sebaiknya pilihlah botol yang mempunyai lubang dot lebih kecil sehingga bayi bisa mengatur ritme ketika menyedot susu agar tidak cegukan.
  • Berikan makanan dalam jumlah sedikit dan perlahan agar bayi tidak cegukan.
  • Perhatikan kondisi bayi apakah ia dalam keadaan tenang atau bersemangat sehingga bisa membuat udara masuk ke dalam diafragma.
Nah, itu dia penyebab cegukan pada bayi berikut tips untuk mengatasi cegukan pada bayi bunda. Semoga dapat bermanfaat ya!