Selalu Waspada dengan Penyebab Gastritis yang Akut

Gastritis atau biasa disebut dengan penyakit maag ini banyak dialami masyarakat. Gastritis terjadi karena penyebab gastritis yang beragam. Orang yang merasakan penyakit tersebut akan merasakan rasa yang sangat perih di bagian lambung. Bagaimana tidak? Lambung menjadi rusak dan tentunya jika lambung bekerja, maka akan sangat terasa perih. Biasanya orang yang mengalami gastritis akan merasakan sakit yang luar biasa ketika ada makanan yang masuk ke dalam lambung. Peradangan di bagian lambung tersebut akan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan serius. Agar Anda terhindar dari penyakit tersebut, maka Anda harus menghindari penyebabnya.
Baca Juga :  Penyebab Gondongan

Penyebab gastritis yang harus Anda hindari diantaranya :

Terinfeksi bakteri Helicobakter pylori
Bakteri Helicobakter pylori adalah bakteri penyebab gastritis. Sumber bakteri tersebut bisa berasal dari makanan dan juga minuman yang dikonsumsi. Bakteri tersebut dalam suhu yang panas, sehingga Anda harus sangat waspada dalam memproses makanan dan juga minuman. Bakteri Helicobakter pylori masuk dalam kelompok bakteri aerobefluktuatif, sehingga dia tidak perlu oksigen dalam jumlah yang banyak untuk hidup dan berkembang biak. Jika Anda merasakan rasa yang sakit di bagian lambung setelah mengkonsumsi makanan atau minuman spesifik, sebaiknya Anda melakukan pengecekan ke dokter agar bakteri yang sudah masuk bisa segera dimatikan.

Makan yang tidak teratur
Pola makan yang tidak teratur adalah salah satu penyebab gastritis. Terkadang memang banyak orang yang tidak peduli dengan pola makan. Padahal pola makan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk di perhatikan. Ternyata jika Anda jarang makan, bisa menyebabkan penyakit gastritis. Hal ini bisa terjadi karena lambung yang bekerja terus menerus namun tidak ada asupan yang masuk menyebabkan lambung bergesekan. Pergesekan tersebut akan membuat lambung menjadi iritasi. Jika dibiarkan terus menerus akan membuat iritasi semakin melebar dan sangat membahayakan kesehatan.

Pola hidup yang tidak baik
Pola hidup seperti sering mengkonsumsi alcohol juga dapat menjadi penyebab gastritis. Konsumsi alcohol yang terlalu berlebih akan membuat lambung iritasi. Jika saat ini merupakan termasuk orang yang banyak mengkonsumsi alcohol, sebaiknya Anda berhenti melakukannya atau sedikit demi sedikit mulai menghindarinya. Agar gastritis tidak menghinggapi tubuh Anda.

Stress
Jika Anda orang yang sering mengalami stress, sebaiknya Anda menghindari stress. Hal tersebut karena stress menjadi penyebab gastritis. Stress bisa terjadi pada kebanyakan orang. Kondisi tersebut membuat nafsu makan menjadi hilang. Jika stress berkepanjangan, maka nafsu makan Anda juga akan hilang berkepanjangan. Ketika tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam lambung, maka asam lambung akan naik. Kenaikan asam lambung tersebut bisa membuat iritasi pada lambung. Dengan demikian, Anda harus menghindari stress agar tidak terjangkit penyakit tersebut .

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab gastritis, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.