Penyebab Perut Kembung yang Sering Terabaikan

Perut kembung atau kelebihan gas dalam perut banyak diderita oleh banyak orang. Orang-orang tidak sadar bahwa dirinya terlalu banyak menelan atau kemasukan gas sehingga mengakibatkan perut menjadi kembung. Perut kembung tidak dapat dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan rasa yg tidak nyaman di perut. Untuk mengatasi perut gembung harus di ketahui terlebih dulu penyebab perut kembung agar dapat mengatasi dan menghindarinya. Ada 9 kebiasaan buruk yang kerapkali diabaikan walau sebenarnya hal ini dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Kebiasaan ini diantaranya :
Baca Juga : Penyebab Penyakit Herpes Zoster

1. Makan permen karet
Penyebab perut kembung yang pertama yaitu terus-terusan mengkonsumsi permen karet permen karet memang dapat membantu kurangi bau mulut dan membantu mulut tetap segar, namun terus-terusan makan permen karet dapat membuat gas dalam tubuh bertambah banyak dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

2. Celana longgar
Menggunakan celana yang longgar dapat menjadi salah satu yang bisa menjadikan kembung. Dokter merekomendasikan agar mengenakan celana longgar hanya sekitar 4 jam saja setiap harinya. Tetapi bukan berarti boleh memakai celana yang ketat terlalu lama karena dapat mengakibatkan terganggunya reproduksi.

3. Konsumsi pemanis buatan
Konsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis buatan akan membuat sistem pencernaan bekerja keras dan membuat banyak gas terkumpul dalam perut dan menyebabkan perut menjadi kembung.

4. Merokok
Penyebab perut kembung yang selanjutnya yakni merokok pada hakikatnya merokok menghirup udara jadi banyak udara yang tertelan dalam tubuh sehingga perut menjadi kembung. Mengurangi rokok atau berhenti merokok dapat menjadi solusi mengatasi perut kembung.

5. Menggigit Bolpoin
Beberapa orang yang melakukan kebiasaan ini yakni menggigit bolpoint. Ketika menggigit bolpoint tubuh menghirup udara dan masuk dalam perut, hal ini dapat membuat perut menjadi kembung.

6. Stres
Stres dapat juga menyebabkan perut kembung, hal ini disebabkan tubuh melepaskan hormon stres yang dapat mengganggu pencernaan dan memproduksi gas dalam jumlah banyak.

7. Banyak konsumsi buah
Penyebab perut kembung yang selanjutnya adalah banyak konsumsi buah. Buah memang baik untuk kesehatan namun jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan perut kembung karena dalam buah mengandung fruktosa yang lama untuk dicerna dan salah satu pemanis.

8. Konsumsi susu yang terlalu banyak
Pada kondisi orang tertentu meminum susu dapat membuat perut menjadi kembung. Terdapat banyak jenis olahan susu yang membuat kembung diantaranya keju karena banyak mengandung laktosa.

9. Konsumsi beberapa obat tertentu
Obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan perut menjadi kembung karena sulit untuk dicerna, obat yang menyebabkan kembung diantaranya aspirin dan obat yang banyak mengandung zat besi.

Penyebab perut kembung di atas termasuk kebiasaan yang mungkin Anda senangi dan salah satu kebiasaan yang mengasyikkan, namun ternyata kebiasaan ini dapat berdampak buruk untuk perut. Perut yang kembung bukan hanya masalah sepele namun dapat menjadi masalah yang besar karena dapat mengganggu kesehatan pencernaan. Agar pencernaan selalu sehat Anda harus menjaganya dan menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan perut kembung.