Intip Apa Saja Penyebab Rambut Rontok yang Berlebihan

Rambut rontok menjadi mimpi buruk untuk Anda, terutama jika kerontokan yang terjadi sangat berlebihan. Penyebab rambut rontok menjadi masalah yang besar jika tidak ditangani dengan serius. Rambut rontok yang berlebihan bisa menyebabkan kebotakan. Pastinya hal itu akan membuat anda kurang percaya diri pada penampilan, baik itu untuk laki-laki ataupun untuk wanita. Apalagi untuk seorang wanita, rambut adalah mahkota yang sangat berharga. Rambut yang indah dan juga lebat adalah idaman untuk setiap wanita. Hal itu pasti menjadi keinginan Anda. Namun sayangnya, rambut yang rontok sering terjadi dan sangat sulit untuk dicegah. Agar rambut rontok yang terlalu berlebihan tidak menimpa diri Anda, maka Anda harus menghindari penyebabnya.

Baca Juga : Penyebab Q Patologis

Adapun berbagai hal yang menjadi penyebab rambut rontok diantaranya :

Terlalu sering menggunakan hair dryer dan catok rambut
Hair dryer dan catok rambut adalah peralatan kecantikan rambut yang paling sering dipakai para wanita. Pemakaian ke dua alat itu yang terlalu sering bisa membuat rambut kering dan juga rapuh. Rambut akan kehilangan nutrisi yang sangat diperlukan oleh rambut. Jika rambut tidak ternutrisi dengan baik, maka rambut akan rusak dan pada akhirnya akan rontok. Ion negative yang dipancarkan dari ke dua alat itu akan membuat rambut menjadi kering. Oleh sebab itu, Anda harus mengurangi pemakaian alat catok rambut dan hair dryer untuk meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut.

Terlalu sering memakai bahan kimiawi pada rambut
Jika Anda orang yang sering lakukan rebonding dan juga mewarnai rambut, sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan itu. Bagaimana tidak? Kebiasaan itu membuat rambut menjadi kering dan juga rapuh. Kandungan zat kimia yang dipakai pada ke dua aktifitas itu memang termasuk dalam kategori yang cukup keras. Sehingga secara langsung merusak kelembapan rambut. Penyebab rambut rontok itu bisa digantikan dengan memakai bahan alami untuk lakukan pewarnaan rambut. Tentukan pewarna rambut yang mengandung bahan-bahan alami yg tidak mengakibatkan kerusakan rambut Anda.

Stress berkepanjangan
Stress mungkin sering Anda alami setiap hari, baik itu stress memikirkan masalah dengan pasangan atau stress dengan semua pekerjaan kantor Anda yang menumpuk. Kondisi itu bisa membuat rambut menjadi rontok. Penyebab rambut rontok karena stres membuat akar rambut menjadi rapuh. Keadaan itu bisa diminimalisir dengan cara Anda bersikap tenang dengan semua masalah yang dihadapi.

Factor genetic
Factor genetic atau keturunan bisa juga menjadi penyebab rambut rontok. Hal itu bisa terjadi karena salah satu dari ke dua orangtua membawa kode genetic yang menyebabkan rambut jadi rontok. Factor genetic akan di turunkan pada generasi selanjutnya. Sehingga, Anda janganlah takut ketika melihat ayah atau ibu Anda mengalami kebotakan.