Penyebab Demam dan Cara Mengatasinya

Jangan pernah berasumsi demam adalah gangguan kesehatan yang sepele. Tidak jarang penyebab demam tersebut sebenarnya merupakan awal penyakit tertentu. Biasanya, penyebab demam adalah serangan virus influenza atau pilek. Namun, ada kemungkinan demam tersebut juga adalah gejala awal penyakit lainnya. Jadi, ketika Anda merasa demam pada tubuh, sebaiknya Anda segera menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit dan minum multivitamin. Cara ini cuma sekedar upaya untuk menjaga kondisi fisik tetap sempurna untuk melawan virus. Anda harus tetap memeriksakan ke dokter supaya mendapat penjelasan lebih jelas.
Baca Juga : Penyebab Diare

Penyakit demam biasanya dirasakan dalam waktu 1-2 hari. Kemudian, setelah itu baru muncul gejala lain yang mengarah ke jenis penyakit tertentu. Sehingga, demam dapat diindikasikan keadaan tubuh yang sedang melawan penyakit tertentu. Jika kondisi tubuh tidak fit, maka antibody tidak dapat melawan penyakit tersebut, contohnya jika demam tersebut adalah akibat serangan virus flu. Maka dari itu, setelah demam sembuh akan muncul gejala hidung berair dan bersin-bersin. Dengan demikian penyakit demam bisa jadi pertanda adanya penyakit lainnya. Penyebab demam tersebut dapat menjadi tanda penyakit seperti berikut ini :

Infeksi Radang Kandung Kemih
Ketika Anda buang air kecil yang ditandai dengan rasa perih dan sakit, maka ini dapat menjadi tanda gejala infeksi saluran air seni atau kandung kemih. Infeksi lainnya dapat dirasakan pada saluran pernafasan di tenggorokan. Demam tersebut disertai sakit di tenggorokan, ini menjadi tanda adanya radang tenggorokan akibat udara yang tidak bersih. Penyebab demam lainnya yaitu infeksi sinusitis, yakni adanya kelainan pada selaput sinus didekat saluran hidung.

Infeksi Virus Berbahaya
Kita sering mendengar adanya virus berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Virus itu biasanya berasal dari hewan atau virus yang dibawa dari luar negeri. Contohnya Virus Flu Burung, Virus SARS, atau yang saat ini sedang booming yakni virus Ebola. Penyebab demam bisa saja karena salah satu dari serangan virus tersebut . Maka dari itu, kita tidak boleh memandang remeh jika kita merasakan demam. Terlebih jika sampai berhari-hari tidak sembuh.

Upaya Pencegahan Demam
Upaya pencegahan dapat dilakukan sebagai pertolongan awal jika merasakan demam. Ketika penyebab demam mulai menyerang tubuh kita, ada beberapa upaya pencegahan awal seperti berikut ini :

Menggunakan masker
Ketika musim kemarau atau pada saat rawan ada virus berbahaya, sebaiknya gunakan masker. Gunakanlah ketika Anda beraktivitas dan keluar rumah, sebab serangan virus dapat melawati udara yang ada di sekitar kita.

Minum air putih
Mengkonsumsi air putih yang banyak merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit demam, termasuk pada gejala demam. Cara ini menjadi upaya pencegahan alami penyebab demam. Air putih mengandung elektrolit untuk menjaga kondisi tubuh tetap sempurna.

Kiranya cukup sekian penjelasan mengenai penyebab demam dan seputar menjaga kesehatan dalam menanggulangi gejala demam. Semoga bermanfaat untuk kesehatan keluarga dan Anda sendiri.