Penyebab Diare dan Cara Mencegahnya

Tahukah Anda penyebab diare bersumber dari mana? Sebab, penyakit ini merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi pada diri kita. Sedangkan kita terkadang tidak tahu penyebab utama dari diare itu sendiri. Kita sering mendengar tentang kesimpangsiuran berita mengenai penyakit diare. Bahkan, terkadang penyakit ini mewabah pada suatu daerah di musim tertentu. Contohnya pada musim penghujan di daerah yang rawan banjir dan sebagainya. Daripada kita bingung mencari tahu kebenaran informasi tentang diare yang simpang siur, mari kita simak bersama penjelasan penyebab dan pencegahan diare. Semoga artikel ini menjadi jawaban Anda saat ini.
Penyebab Diare
Baca Juga : Penyebab Cacar
Penyebab diare
Penyakit diare tentu ada sebabnya, hal ini berhubungan langsung dengan tubuh kita sendiri. Kadang ada penyebab tertentu yang membuat kita sakit diare. Seperti adanya infeksi bakteri atau parasit yang mengganggu kesehatan tubuh kita. Penyebab diare selanjutnya dapat disebabkan adanya alergi makan dan konsumsi makanan yang kurang sehat. Keadaan tersebut yang sangat memungkinkan adanya bakteri pada makanan yang kita konsumsi. Hal ini sering terjadi pada usia anak mulai 1 tahun sampai 5 tahun serta sebagian sering dialami oleh orang dewasa. Pada usia anak-anak diare sering disebabkan oleh bakteri dan virus. Bakteri tersebut yang menyebabkan gangguan pencernaan makanan pada usus halus.

Jika sudah terjadi infeksi dari virus tersebut, elektrolit dalam tubuh berkurang, sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal ini jika tidak segera ditangani dengan serius juga dapat menyebabkan buruk pada penderitanya. Daya tahan tubuh akan melemah akibat kekurangan cairan. Jadi, kita tidak boleh menganggap remeh memandang penyebab diare pada virus tersebut . Sebelum penyakit tersebut menyerang semakin parah, maka kita harus melakukan usaha pencegahan dan pengobatan. Anda dapat menggunakan pencegahan secara alami ataupun medis.

Pencegahan diare
Untuk mengobati dan mencegah penyakit diare dapat dilakukan dengan beberapa cara. Penyebab diare di atas dapat dihindari dengan baik jika kita mau segera mengobatinya seperti dengan cara pengobatan seperti berikut :

Ramuan oralit
Oralit adalah obat tradisional yang sudah dipercaya secara turun temurun. Fungsi oralit yaitu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Membuat oralit juga cukup mudah, yakni menggunakan minuman dari campuran air gula, garam. Oralit ini berperan untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh. Sehingga, penyebab diare dapat dicegah lebih awal karena elektrolit dalam tubuh cukup baik.

Periksa ke dokter
Jika cara tradisional tersebut belum dapat menyembuhkan diare. Dokter akan memberikan resep yang tepat untuk mengobati diare. Sambil Anda mengkonsumsi obat dokter, Anda juga bisa menggunakan obat alami untuk menghentikan diare seperti mengonsumsi daun jambu biji yang masih muda. Obat tradisional ini juga dipercaya dapat menghentikan diare yang berlebihan.

Demikian penjelasan kami mengenai penyebab diare dan cara pencegahannya. Semoga para pembaca bisa mendapatkan pengetahuan baru setelah membaca artikel penyebab diare dan pencegahannya.