Penyebab Disentri Berasal Dari Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Terdapat banyak sekali macam penyakit yang bisa menyerang sistem pencernaan. Pada tubuh manusia pentingnya suatu sistem pencernaan yang sehat adalah wajib. Sistem pencernaan yang sehat akan menyangkut pasokan nutrisi dari setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan sistem pencernaan yang sehat pula, maka tubuh manusia bisa menemui kata keseimbangan dari apa yang masuk, diproses, dan dikeluarkan. Dan salah satu penyakit yang sering terjadi didunia dan terutama di Indonesia pada sistem pencernaan adalah penyakit disentri. Penyebab disentri itu sendiri yakni karena banyaknya bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan berdiam diri didalam usus.
Baca Juga : Penyebab Eksim

Didalam usus manusia memang ada yang namanya bakteri yang berperan untuk mengurai makanan. Dengan adanya bakteri tersebut setiap sari-sari makanan yang bagus akan disebar ke seluruh tubuh, dan zat yang membahayakan akan dibuang berbarengan dengan feces. Namun, apabila jumlah bakteri yang ada didalam usus tersebut melampaui kadar normal, justru akan beresiko negative untuk kondisi kesehatan seseorang. Dan jika hal itu tetap dibiarkan dapat menjadi penyebab disentri, atau bahkan dapat merenggut nyawa.

Penyebab disentri yang utama memang berkaitan dengan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Cara bagaimana bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia tentunya berkaitan dengan pola hidup yang tidak sehat. Pentingnya pola hidup yang sehat memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi yang sempurna. Salah satu contoh kecil yang biasa dilakukan dan bisa menyebabkan seseorang terserang penyakit disentri yaitu tidak mencuci tangan sebelum makan. Dengan kondisi tangan yang tidak bersih tersebut, kemungkinan bakteri Shigella dysenriae masuk ke dalam tubuh akan semakin besar.

Sesuai dengan hasil riset yang telah dilakukan oleh para ahli bahwa bakteri Shigella dysentriae merupakan penyebab disentri yang sering dialami di Indonesia. Keberadaan bakteri tersebut bisa dimanapun, baik itu di tanah, di udara, dan bahkan di air. Bakteri ini juga sering disebarkan oleh lalat yang hinggap pada makanan. Pada intinya penyakit disentri terdiri menjadi dua macam yang dibedakan oleh penyebabnya, yakni disentri basiler yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Shigella dysentriae, dan disentri amoeba yang disebabkan oleh amoeba jenis Entamoeba histolytica.

Meskipun berbeda penyebab disentri, tetapi hal yang dilakukan oleh bakteri maupun amoeba tetap sama. Hal yang dilakukan oleh penyebab utama penyakit disentri ini yaitu menginfeksi sistem pencernaan terutama usus besar. Di bagian usus besar, semua sari makanan akan diserap oleh tubuh, dan sisanya dibuang berbarengan dengan feses. Jika pada bagian tersebut terganggu, maka tubuh akan mengalami lemas, mual, dan bisa juga menyebabkan diare akut. Ketiga gejala tersebut memang gejala yang sering muncul ketika seseorang terserang penyakit disentri.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab disentri, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.