Penyebab Rematik yang Membuat Rasa Sakit yang Luar Biasa pada Sendi

Apakah Anda pernah mengalami nyeri pada sendi serta tulang? Mungkin saja rasa nyeri yang Anda rasakan adalah penyakit rematik. Penyakit Rematik adalah suatu istilah yang umum digunakan oleh dokter untuk nyeri dan kekakuan yang terjadi di bagian sendi, otot, dan tulang. Jenis penyakit rematik sendiri sangat lah banyak. Rematik memang sangat menyiksa diri Anda. Terlebih untuk orang yang masih aktif dalam melakukan beragam aktifitas sehari-hari. Tentu saja nyeri itu akan sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.
Baca Juga : Penyebab Radang Selaput Otak

Penderita rematik akan mengalami suatu nyeri yang amat sangat ketika berada dalam kondisi cuaca yang dingin. Sehingga Anda harus menggunakan baju yang bisa menghangatkan tubuh jika rematik sedang melanda tubuh Anda. Penyakit rematik tidak hanya terjadi pada orang yang memiliki usia yang sudah tua, tetapi juga bagi orang yang masih muda. Penyebab rematik sendiri sangat bermacam. Sehingga, Anda harus memperhatikan dengan jelas apa yang menyebabkan seseorang mengalami rematik.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rematik, diantaranya :

Adanya pengapuran sendi atau osteoarthritis
Pengapuran sendi terjadi karena adanya penipisan pada lapisan tulang rawan pada sendi. Hal itu membuat ujung tulang membuat sendi menjadi saling melakukan gesekan tanpa adanya lapisan tulang rawan, sehingga Anda akan merasakan nyeri. Gesekan tersebut paling sering terjadi pada daerah pergelangan tangan serta jari-jari tangan. Sedangkan terjadinya pengapuran paling banyak terdapat pada bagian lutut dan pinggul. Tanpa kita sadari bahwa penyakit rematik sering terjadi pada sendi yang simetris. Penyebab rematik berupa pengapuran sendi itu bisa di cegah dengan selalu mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Selain itu, Anda juga harus mengkonsumsi susu yang kaya akan kalsium.

Kadar asam urat yang berlebihan
Asam urat yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab rematik. Asam urat akan menjadi kristal sam urat dan akan membuat nyeri pada sendi terutama bagian lutut dan tangan. Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka sebaiknya Anda harus menghindari makanan berupa pete, jengkol, dan minuman kopi. Sebaiknya, Anda lebih banyak mengkonsumsi air putih agar Kristal asam urat dapat hilang.

Kelelahan
Aktifitas fisik yang membuat Anda merasa lelah menjadi penyebab rematik. Ini terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Aktifitas yang terlalu berat akan membuat seseorang yang sudah berusia lanjut merasakan nyeri yang sangat menyiksa di bagian kaki dan pinggul.

Semua penyebab rematik di atas bisa menjadi informasi yang menarik dan akan membuat Anda menjadi memahami apa saja yang menyebabkan rematik. Dengan demikian, Anda berserta keluarga bisa terhindar dari penyakit rematik dan bisa selalu hidup sehat.

Previous
Next Post »