4 Penyebab Lemah Jantung yang Wajib Diketahui

Penyakit degeneratif yang dapat sewaktu-waktu menyerang kesehatan Anda kini semakin bertambah jumlah dan jenisnya. Untuk organ dalam tubuh sendiri, seperti jantung, banyak sekali gangguan dan masalah kesehatan yang bisa menyerang organ pemompa darah satu ini. Salah satunya adalah lemah jantung yang bisa adalah akar masalah terganggunya fungsi jantung. Jantung lemah sebenarnya merupakan kondisi di mana jantung tidak berfungsi secara normal. Ketidaknormalan ini biasanya ditandai dengan menurunnya kemampuan jantung untuk memompa darah sehingga pendistribusian darah menjadi kurang maksimal.
Baca Juga : Penyebab Liver Bengkak

Berikut ini penulis akan menjelaskan beberapa penyebab lemah jantung yang wajib untuk pembaca ketahui.

Faktor keturunan
Rasa cepat lelah, letih, lesu, berkeringat di waktu malam hari, dan berdebar-debar merupakan gejala umum yang bisa Anda tanyakan pada sanak keluarga. Jika salah satu anggota keluarga seperti orangtua atau nenek kakek pernah mengalami satu atau beberapa gejala itu, maka bisa jadi mereka juga mengalami penyakit lemah jantung. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa penyebab lemah jantung yang Anda alami saat ini adalah faktor keturunan. Faktor keturunan seolah menjadi hal yang tidak dapat ditolak untuk seorang penderita penyakit lemah jantung.

Keadaan jantung yang mengalami gangguan
Penyebab lemah jantung bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan diantaranya yaitu penyakit lain yang Anda derita. Penyakit seperti kolesterol dan darah tinggi juga bisa menyebabkan lemah jantung oleh karena keadaan jantung yang mengalami gangguan. Dalam hal ini, penderita penyakit tersebut dapat membawa masalah pada jantung sehingga kerja jantung menjadi berat untuk memompa darah. Kemungkinan lain adalah jantung kekurangan oksigen dan nutrisi karena adanya penyempitan pembuluh darah. Kekurangan ini bila berlanjut dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan matinya jaringan pada otot jantung. Hal inilah yang lalu menyebabkan jantung menjadi melemah atau menurun kinerjanya.

Kelainan jantung bawaan lahir
Kecacatan saat ada dalam kandungan berkenaan dengan jantung juga bisa menjadi penyebab lemah jantung. Kurang normalnya pembentukan jantung saat janin masih dalam bentuk embrio membuat jantung bekerja secara abnormal pula. Kelainan seperti kurang atau terlalu banyaknya sekat jantung, luas serambi atau bilik jantung yang tidak normal, dan sebagainya jelas memberikan pengaruh pada berlangsungnya kinerja jantung saat bayi lahir keluar rahim.

Keadaan darah
Keadaan darah sangat berpengaruh pada kualitas kerja jantung. Ketika seseorang kondisi kurang darah atau anemia, perdarahan terus menerus, tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga darah terlalu kental sehingga bisa membebani jantung. Beban yang terlalu berat dapat mengakibatkan otot-otot jantung terus berkontraksi sehingga jantung lama kelamaan akan melemah.

Itulah beberapa penyebab lemah jantung yang dapat dipaparkan oleh penulis. Selain yang disebutkan di atas, masih terdapat penyebab lain seperti trauma pada jantung, kelainan degupan jantung, depresi berkepanjangan, dan sebagainya. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.