Wajib Tahu, 6 Penyebab Migrain Tiba-Tiba

Sakit kepala sebelah atau migrain seringkali dianggap hal yang sepele yang kemudian hanya diatasi dengan mengkonsumsi obat pereda sakit kepala saja. Padahal, migrain dapat menjadi pertanda bahwa terdapat kelainan dalam tubuh terutama pada susunan sel saraf pusat atau otak Anda. Tanda yang kemudian ditunjukkan dengan sakit kepala sebelah ini tidak dapat dianggap enteng karena jika berkelanjutan atau berulang dalam jangka waktu yang lama maka bisa menjadi tanda berbahaya dari dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, berikut ini penulis akan menjelaskan penyebab migrain yang wajib Anda ketahui yang dapat berpotensi sebagai tanda bahaya dari dalam tubuh Anda.
Baca Juga : Penyebab Lemah Jantung

Pengaruh makanan dan minuman yang dikonsumsi
Anda pasti tidak pernah menyangka bahwa penyebab migrain salah satunya adalah berasal dari apa yang Anda konsumsi. Bahan makanan seperti keju, cokelat, makanan yang diasinkan, kacang-kacangan, dan buah dapat menyebabkan migrain. Beberapa jenis minuman seperti yang banyak mengandung cafein yang berlebihan dan minuman beralkohol juga dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala sebelah. Selain itu, jenis masakan yang mengandung banyak pengawet seperti monosodium glutamat dan pemanis buatan aspartam dapat menyebabkan migren.

Perubahan kadar hormonal
Untuk sebagian wanita, penyebab migrain sering dikaitkan dengan perubahan hormonal didalam tubuh sebelum, saat, dan sesudah menstruasi. Oleh karena alasan inilah, penderita migrain jauh lebih beresiko wanita dibanding dengan pria. Selain menstruasi, peristiwa yang melibatkan hormon (esterogen) seperti menopause, kehamilan dan pemakaian alat kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan terjadinya migrain.

Stres
Stres merupakan alasan utama yang dapat menimbulkan migrain siapapun dapat terkena stres dan begitu pula untuk masalah migrain. Semakin berat pikiran seseorang, maka akan semakin cenderung terkena migrain.

Keadaan lingkungan
Keadaan lingkungan yang dapat menjadi penyebab migrain diantaranya seperti terdapat bau yang menyengat (bau parfum, bahan bakar, sampah, dan sebagainya), tersorot cahaya yang menyilaukan, terlalu sering melihat lampu kerlap-kerlip dan melihat satu obyek yang membingungkan bisa menjadi pencetus sakit kepala sebelah ini.

Kurang asupan magnesium
Beberapa riset yakin bahwa kekurangan asupan magnesium dalam tubuh bisa meningkatkan resiko terjadinya migrain. Magnesium sangat erat kaitannya dengan fungsi sistem saraf yang kemudian sangat berhubungan pula dengan penyebab migrain. Ketika Anda merasakan sakit kepala sebelah, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung magnesium seperti kentang, bayam, dan sebagainya atau bahkan dari suplemen makanan tambahan magnesium.

Keturunan
Migrain juga bisa di turunkan berdasarkan keturunan. Ketika Anda mendapati satu keluarga yang sering mengalami migrain, bisa jadi migrain yang Anda derita merupakan bagian dari warisan keluarga Anda.

Itulah 6 penyebab sakit migrain atau sakit kepala sebelah yang perlu Anda ketahui yang dapat dipaparkan oleh penulis. Ketika rasa nyeri di kepala terasa sangat menyiksa dan mengganggu akan lebih baik jika Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter. Semoga dapat bermanfaat.