Beberapa Penyebab Hepatitis B yang Harus Diperhatikan

Penyakit hepatitis B adalah suatu penyakit yang terjadi pada organ hati berupa peradangan. Masa inkubasi dari penyakit ini yaitu 60 sampai dengan 90 hari. Hepatitis B termasuk dalam kelompok penyakit yang menular. Sebab itu, Anda harus waspada jika anggota keluarga Anda terjangkit penyakit tersebut . Penyebab hepatitis B memang harus benar-benar di perhatikan agar Anda terhindar dari penyakit tersebut . Pencegahan yang biasanya dilakukan yakni dengan memasukkan vaksin hepatitis B pada tubuh. Sehingga didalam tubuh Anda sudah terdapat antibody yang kuat untuk mencegah datangnya penyakit itu. Gejala awal yang muncul jika terserang penyakit hepatitis B yakni mata dan juga kulit terlihat menguning. Jika gejala tersebut terjadi, maka Anda harus mengkonsultasikannya dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang intensif.
 Baca Juga : Penyebab Hernia

Penyebab hepatitis B yang benar-benar harus di perhatikan yakni :

Virus
Virus adalah penyebab utama yang menyebabkan penyakit hepatitis B. virus masuk dalam family Hepadnaviridae. Virus tersebut disebut sebagai virus hepatitis B. Virus tersebut masuk dalam kelompok virus DNA. Bentuk virus yakni sangat kompleks dan mempunyai 2 lapisan partikel yaitu partikel dane. Partikel yang terdapat pada virus dapat dengan cepat menginfeksi tubuh. Terlebih jika antibody pada tubuh yang rendah, akan menyebabkan virus akan lebih menginfeksi tubuh.

Bahan Kimia Berbahaya
Bahan kimia sebagai penyebab hepatitis B memang harus diwaspadai. Beberapa bahan kimia memang bisa membahayakan kesehatan tubuh, termasuk bisa menyebabkan hepatitis B. Macam- macam zat kimia berbahaya yang menyebabkan penyakit hepatitis antara lain : chlorpromazine, karbon tetrachloride, dan chloroform. Ada juga zat kimia yang digunakan dalam obat-obatan yang bisa menyebabkan hepatitis B. Oleh sebab itu, Anda harus memahami kandungan apa saja yang terdapat dalam obat yang sering Anda konsumsi. Tentunya efek tersebut akan diperoleh jika mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit tersebut .

Gangguan pada metabolisme organ hati
Gangguan metabolisme tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja dari organ tersebut, termasuk apabila terdapat gangguan pada organ hati. Terjadinya gangguan metabolisme bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan di organ itu. Penyebab hepatitis B karena gangguan metabolisme akan membuat organ hati tidak lagi bisa bekerja optimal. Hal itu akan menyebabkan dampak yang buruk untuk kesehatan. Apalagi jika kerusakan sudah terlalu parah dan sulit untuk disembuhkan, maka hati tidak lagi bisa melakukan perombakan sel darah merah.

Semua penyebab hepatitis B tersebut harus dicegah agar Anda terhindar dari penyakit hepatitis B. Jika Anda merasa sudah mendapati gejala terjadinya penyakit tersebut pada tubuh Anda, maka Anda harus segera melakukan kontrol intensif ke dokter agar penyakit yang Anda derita dapat segera di atasi dengan cepat.