Penyebab Insomnia dan Cara Pencegahannya

Apakah insomnia itu? Apakah penyebab insomnia yang perlu kita ketahui? Insomnia merupakan gangguan tidur yaitu berupa kesulitan untuk tidur atau sulit untuk tidur dalam waktu lama. Insomnia disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kebiasaan tidur serta konsumsi cafein yang berlebihan. Namun, insomnia juga dapat disebabkan oleh gangguan psikologis. Untuk mengatasi gangguan tidur ini perlu di ketahui terlebih dulu dengan pasti apa penyebab insomnia yang Anda derita. Berikut beberapa faktor penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui :
Baca Juga : Penyebab Hepatitis

Jam Tidur Yang Tidak Teratur
Jika Anda kurang tidur, sering begadang atau bahkan terlalu banyak tidur dalam sehari, Anda bisa mengalami gangguan tidur tersebut . Tubuh sehat orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam semalam. Waktu tidur ini tidak bisa terganggu oleh apa pun agar kualitas tidur yang didapatkan baik. Sebagian orang, entah karena pekerjaan atau kegiatan/hoby, harus tidur larut atau bahkan tidak tidur hingga pagi. Kebiasaan tidur siang atau tidur hingga siang hari juga membuat orang menderita kesulitan tidur pada malam hari.

Kafein
Ini adalah penyebab insomnia yang paling umum di ketahui. Kita ketahui kopi bisa membuat kita segar jika mengantuk saat bekerja. Secara tidak sadar kita sering mengkonsumsi terlalu banyak cafein dalam sehari. Akibatnya, pada malam hari kita tetap terjaga. Cafein sangat baik untuk tubuh karena bisa mencegah penyakit serangan jantung. Namun konsumsi cafein perlu dibatasi, maksimum dua cangkir kopi sehari. Kemudian, perbanyak minum air putih karena cafein bersifat diuretik atau menarik air dari sel tubuh, akibatnya tubuh pun mengalami dehidrasi

Penggunaan obat-obatan
Salah satu yang menyebabkan insomnia yaitu penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang. Entah itu obat-obatan terlarang, pil penenang, obat-obatan untuk penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi atau stroke dan lain sebagainya. Obat-obatan tersebut membuat jantung dan otak terus terangsang untuk bekerja. Dengan demikian sulit untuk tubuh menjadi rileks dan masuk ke dalam keadaan tidur. Hentikan penggunaan obat-obatan atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat lain sebagai penggantinya.

Stress Dan Depresi
Ini adalah penyebab insomnia yang paling sering terjadi. Beberapa orang secara tidak sadar terjebak dalam tekanan pekerjaan atau tekanan hidup yang menurutnya sulit diatasi. Sebagian orang punya kepribadian yang rapuh dan mudah terkena stress hingga menyebabkan depresi. Beberapa orang seperti ini terus menerus terganggu dengan masalah yang sedang dihadapinya. Untuk mengatasinya sebaiknya berlatih untuk rileks dan mencoba menyelesaikan masalah dengan pikiran jernih. Untuk tingkat yang cukup parah, sebaiknya meminta bantuan psikolog atau psikiater.

Demikian beberapa penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah munculnya insomnia, sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat serta pola makan yang teratur.