Mencegah Penyebab Infeksi Usus Masuk Ke Dalam Tubuh

Apakah sebenarnya yang faktor-faktor yang menjadi penyebab infeksi usus? Infeksi usus merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus atau bakteri dan menyerang organ-organ pencernaan terutama usus. Seperti kita ketahui tubuh mempunyai beberapa jenis usus yakni usus besar, usus halus, usus dua belas jari dan usus buntu. Karena usus merupakan saluran pembuangan bagi sisa-sisa sari makanan yang tidak tercerna dan juga tempat ampas makanan berkumpul, maka organ usus rentan sekali terinfeksi virus dan bakteri.
 Baca Juga : Penyebab ISPA

Usus juga merupakan saluran pembuangan untuk racun-racun yang disaring oleh tubuh melalui organ hati sehingga jika tidak dijaga kesehatannya, usus dapat menjadi tempat yang nyaman untuk kuman. Hal-hal seperti inilah yang menjadi penyebab infeksi usus. Usus yang terinfeksi menimbulkan gejala-gejala seperti kram dan nyeri perut, diare, kembung, mual dan muntah serta demam tinggi. Oleh karena infeksi usus disebabkan oleh virus atau bakteri, maka pencegahan harus dilakukan sejak awal agar usus tidak mudah diserang oleh kuman-kuman tersebut . Berikut adalah cara pencegahan infeksi usus :

Cuci Tangan
Kegiatan sederhana ini diakui para dokter dan ahli kesehatan sebagai cara terbaik dan termudah untuk mencegah penyebab infeksi usus masuk ke dalam tubuh. Selalu bersihkan tangan jika hendak makan, setelah berkegiatan diluar dan setelah buang air besar. Bersihkan tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Anda bisa memakai sabun antiseptik untuk membantu mengurangi kuman-kuman yang sering berkumpul di telapak tangan.

Konsumsi Makanan Bergizi
Kesehatan tubuh Anda berawal dari apa yang Anda makan. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, maka daya tahan tubuh dapat lebih terjaga sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit infeksi usus. Makanan yang tidak sehat seperti junkfood, makanan instant serta minuman bersoda maupun beralkohol dapat melemahkan kemampuan usus mengelola sampah makanan dan racun dalam tubuh. Usus pun dipaksa berusaha keras untuk mengeluarkan terlalu banyak zat-zat yang tidak berguna dari dalam tubuh.

BAB Secara Teratur
Sembelit bisa menjadi penyebab munculnya penyebab infeksi usus besar. Kotoran yang berkumpul di usus besar dan tidak segera dibuang dapat menimbulkan beragam macam penyakit. Ini karena menyimpan kotoran dalam usus besar seperti menyimpan sampah dalam rumah dalam jangka waktu lama. Kotoran tersebut menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab infeksi. Oleh sebab itu, usahakan untuk buang air besar dengan teratur setiap hari pada jam yang sama. Hal tersebut bisa mencegah resiko terjadinya infeksi usus besar.

Demikian beberapa penyebab infeksi usus dan juga cara pencegahannya. Selalu jalankan gaya hidup sehat, minum banyak air putih dan makan makanan berserat serta melakukan olahraga teratur menjadi perlindungan awal bagi tubuh dalam melawan penyakit infeksi usus.