Berbagai Macam Penyebab Ambeien yang Harus Dihindari

Ambeien adalah suatu penyakit karena adanya pembengkakan di bagian sub mukosa lubang anus. Di mana sub mukosa tersebut mengandung pembuluh darah vena. Orang yang mengalami ambeien akan merasakan sakit di bagian anus. Bahkan, akan sangat terganggu ketika sedang dalam kondisi duduk. Gejala awal dari ambeien biasanya akan merasakan gatal pada area sekitar anus. Selain itu, ketika buang air besar akan terasa sangat sakit dan seperti ada yang mengganjal pada anus. Penyebab ambeien pastinya harus dihindari jika tidak mau terkena ambeien. Dengan menghindari penyebab dari ambeien, maka akan membuat Anda terhindar dari penyakit tersebut.
Penyebab Ambeien
Baca Juga : Penyebab Anemia

Adapun penyebab ambeien diantaranya :

Terlalu banyak melakukan duduk
Duduk memang suatu aktifitas yang banyak dilakukan orang. Biasanya orang yang sering melakukan duduk yakni orang bekerja di perkantoran. Bagaimana tidak? Semua pekerjaannya harus dilakukan dengan duduk sambil melihat ke arah monitor. Ternyata terlalu banyak duduk bisa menyebabkan ambeien. Ketika duduk, maka titik berat tubuh akan berpusat di bagian anus. Keadaan tersebut akan menyebabkan aliran darah terpusat di bagian anus. Jika keadaan hal tersebut berlangsung lama, maka akan membuat pembuluh darah di bagian anus akan mengalami pembesaran. Penyebab ambeien tersebut bisa Anda hindari dengan menyelingi waktu kerja Anda dengan berdiri dan berjalan sejenak.

Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat
Makanan yang mengandung serat adalah penyebab ambeien yang tidak secara langsung. Jika tubuh tidak pernah mendapatkan asupan serat, maka akan membuat feses menjadi keras. Ketika feses menjadi keras, maka Anda akan mengejan ketika akan mengeluarkan feses tersebut . Walau sebenarnya ketika Anda terlalu sering mengejan, akan membuat pembuluh darah di bagian anus menjadi membengkak. Anda bisa menghindari penyebab tersebut dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur.

Terlalu sering mengalami diare
Penyebab ambeien ini bisa terjadi karena tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri yang mengakibatkan diare. Diare juga dapat terjadi karena mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Diare akan membuat Anda mengejan ketika melakukan buang air besar. Jika kondisi tersebut dibiarkan biasa saja, maka Anda akan merasakan perih di bagian anus. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah vena di bagian anus. Untuk menghindari penyebab tersebut, maka dapat dengan cara Anda berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan juga selalu menjaga kebersihan pada makanan yang akan dikonsumsi.

Faktor genetic
Factor genetic biasa disebut sebagai factor keturunan. Ambeien bisa terjadi karena adanya factor tersebut. Penyebab ambeien tersebut karena adanya gen yang membawa kode genetic yang menyebabkan penyakit ambeien. Jika keluarga Anda ada yang mengalami ambeien, maka ada kemungkinan Anda akan mengalami penyakit ambeien.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab penyakit ambeien, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.