Inilah 4 Penyebab Orang Mendengkur

Mendengkur atau yang sering disebut juga dengan mengorok yaitu adanya suara bergetar yang muncul ketika sedang dalam posisi tertidur. Suara tersebut bisanya terdengar cukup keras yang keluar dari tenggorokan atau rongga mulut dan juga hidung. Perlu di ketahui jika terjadinya suara mendengkur atau mengorok yaitu adanya penyempitan pada saluran pernafasan sehingga langit-langit pada mulut menjadi bergetar. Mendengkur bukan hanya terjadi pada laki-laki namun juga terjadi pada perempuan. Sekitar 45% masalah mendengkur terjadi pada kaum laki-laki dan sekitar 30% masalah terjadi pada wanita. Penyebab orang mendengkur dapat dipicu oleh berbagai macam hal.
Baca Juga : Penyebab Penyakit Jantung
Apnea Tidur atau Sleep Apnea
Apnea tidur atau Sleep Apnea sebagai salah satu penyebab orang mendengkur merupakan suatu gangguan yang ditandai dengan berkurangnya atau terhentinya nafas ketika Anda tidur. Periode atau lama waktu terjadinya gangguan Apnea tidur atau Sleep Apnea lebih kurang 10 detik bahkan bisa lebih. Gangguan ini bisa menyebabkan terhentinya aliran udara sehingga bisa berdampak pada penurunan kadar oksigen dalam darah hingga 4%. Secara automatis bisa menjadikan pengurangan transfer oksigen pada aliran darah. Pada akhirnya gangguan ini bisa menyebabkan efek mendengkur.

Obesitas Dan Merokok
Penyebab orang mendengkur lainya adalah obesitas atau kelebihan berat badan dan juga kebiasaan merokok. Pada penderita obesitas biasanya memiliki jaringan tenggorokan lebih besar. Jaringan yang lebih besar ini akan menyebabkan penyempitan saluran nafas di mana menjadi aspek terpenting orang mendengkur. Selain itu untuk Anda yang memiliki kebiasaan merokok juga sangat mempengaruhi timbulnya mendengkur atau mengorok. Ternyata merokok bisa menyebabkan peradangan pada tenggorokan dan juga saluran pernafasan sehingga akan menyebabkan mengorok atau mendengkur ketika tidur.

Gangguan Pada Hidung
Pada beberapa orang, mendengkur bisa juga disebabkan oleh alergi yang mereka derita, akibat atau efek perubahan cuaca, atau ketika Anda memiliki infeksi penyakit sinus. Beberapa gangguan hidung itu dapat menjadi penyebab orang mendengkur. Selain itu juga adanya kelainan bentuk pada hidung seperti septrum atau adanya perubahan secara struktural pada dinding yang memisahkan pada lubang hidung satu dengan yang lain. Jika Anda memiliki penyakit polip juga dapat menyebabkan tidur Anda mendengkur.

Posisi Tidur
Sedangkan faktor penyebab orang mendengkur yang paling dominan adalah posisi tidur. Pada posisi tertentu pada saat tidur bisa menjadikan Anda tidur dengan mendengkur. Posisi yang sering menyebabkan mendengkur yaitu ketika Anda tidur dengan mulut terbuka. Ketika mulut terbuka saluran udara akan menyempit sehingga akan menyebabkan mendengkur. Pada posisi tidur terlentang juga dapat menjadikan Anda menjadi mendengkur. 4 hal tersebut merupakan hal-hal yang bisa menjadikan tidur Anda menjadi bersuara atau mendengkur.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab orang mendengkur, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.