Tipe, Gejala, dan Penyebab Penyakit Lupus

Penyakit lupus merupakan salah satu jenis penyakit autoimun atau penyakit yang menyerang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel, jaringan ataupun organ yang sehat dalam tubuh Anda. Akibatnya akan menyebabkan masalah peradangan yang terjadi secara terus-terusan yang kronis atau dalam istilah medis penyakit lupus disebut dengan peradangan kronis autoimun. Peradangan kronis ini sering menyerang dan bisa mempengaruhi sistem kerja dari sendi, ginjal, kulit, dan juga sel darah dalam tubuh Anda. Bahkan bisa mempengaruhi sistem kerja dari otak, jantung, dan juga paru-paru Anda. Oleh karena itu sangatlah perlu bagi Anda untuk mengetahui tipe, gejala, dan juga penyebab penyakit lupus.
Baca Juga : Penyebab Orang Mendengkur

Tipe Penyakit Lupus
Berbeda penyebab penyakit lupus maka akan berbeda juga tipe dari penyakit lupus itu. Penyakit lupus dibagi menjadi 4 tipe. Yakni, Systemic Lupus Erythematous, tipe ini yaitu tipe penyakit lupus yang sering terjadi. Selain itu, tipe yang lain dari penyakit lupus ini merupakan Discoid lupus erythematous, Drug-induced lupus erythematous, dan yang terakhir yaitu neonatal lupus. Ke empat tipe lupus ini adalah beberapa tipe kasus lupus yang seringdialami oleh kebanyakan orang. Kesemua tipe ini biasanya mempunyai gejala dan juga tanda-tanda yang tak jauh beda, namun yang paling kronis yaitu tipe pertama.

Gejala Penyakit Lupus
Gejala dan penyebab penyakit lupus biasanya ditandai atau didahului dengan adanya tubuh terasa lelah dan muncullah sebuah ruam yang berwarna merah dan akan semakin nampak jelas ketika terkena cahaya matahari. Selain itu, para penderita bisanya akan mengalami demam, turunnya atau naiknya berat badan yang drastis, luka pada kulit, dan juga terjadi peradangan pada mulut si penderita. Selain itu para penderita akan mengalami kerontokan pada rambut dan juga jari serta kuku memutih. Diikuti juga dengan nafas pendek, nyeri dada, mata kering, mudah memar, gelisah, depresi, dan hilang ingatan.

Penyebab Penyakit Lupus
Secara umum sebenarnya belum di ketahui secara pasti penyebab penyakit lupus. Namun secara pasti disebabkan oleh peradangan kronis autoimun. Lupus merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh terkena suatu zat asing baik bakteri ataupun virus di mana sistem imun tubuh justru menyerang bagian fungsi organ yang sehat dalam tubuh. Sehingga menyebabkan peradangan kronis dan juga kerusakan hebat dalam beberapa bagian tubuh Anda antara lain sendi, kulit, organ vital seperti otak, ginjal, paru, jantung, dan juga pembuluh darah. Penyakit ini harus segera ditangani karena dapat berdampak secara serius.

Menurut para dokter ahli faktor penyebab penyakit lupus di atas disebut juga sebagai gabungan faktor genetik dan juga lingkungan. Maksudnya adalah jika Anda memiliki faktor keturunan yang pernah menderita penyakit lupus akan mudah muncul ketika dihadapkan pada lingkungan yang bisa menimbulkan atau memicu penyakit lupus. Contohnya jika Anda terkena virus atau bakteri lingkungan sekitar Anda maka dengan mudah Anda akan terserang penyakit lupus.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab penyakit lupus, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.