Mengenal Gejala dan Penyebab Virus Ebola yang Menyebar Cepat

Virus Ebola adalah salah satu penyakit yang mematikan didunia ini. Ebola adalah suatu penyakit yang dikarenakan oleh virus ebola virus yang masuk dalam famili Filoviridae. Penyebaran virus ebola ini amat cepat dibanding dengan virus mematikan lainnya. Virus ebola telah terdeteksi beberapa tahun lalu di Kongo. Nama ebola sendiri di ambil dari sungai Ebola yang letaknya di Kongo sebagai pangkal awal penyebaran virus ini.
Penyebab virus ebola dapat menyebar dengan cepat lantaran memang penularannya yang amat cepat. Berikut beberapa penyebab penularan ebola :

1. Virus ebola
Penularan penyakit ebola yang pertama lantaran virus ebola langsung menular dari hewan pada manusia. Manusia yang telah tertular virus ebola umumnya sebelumnya bersentuhan langsung dengan hewan pembawa virus ebola atau makan daging hewan liar yang terjangkit virus ebola.

2. Menyentuh langsung pasien ebola
Penyebab virus ebola menyebar dengan mudah lantaran penularannya cuma dengan menyentuhnya saja telah dapat terjangkit virus ebola ini. Penularan ebola terjadi karena perantara air bukanlah udara. Virus ebola dapat menular lewat batuk, air liur, serta keringat. Orang yang sehat dan cuma memegang sedikit orang yang telah positif terjangkit ebola dapat langsung tertular dan tanda-tanda akan nampak sekitar 2 hari sesudahnya, namun biasanya memerlukan waktu sekitar 5 hari.

3. Hidup yang tidak sehat
Penularan virus ebola pada manusia dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Penyebab virus ebola mudah menyebar di Afrika lantaran beberapa orang yang masih belum perduli dengan kesehatan tubuhnya. Banyak orang yang masih mengkonsumsi binatang liar yang belum tentu sehat, mereka juga jarang mencuci tangan saat sebelum makan.

4. Sistem imun yang lemah
Sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah mempermudah virus ebola masuk dalam tubuh Anda. Tubuh dengan sistem imun yang lemah akan langsung terserang dan cuma memerlukan beberapa hari saja untuk membuat orang yang terserang sudah kehilangan nyawa.

Anda pasti bertanya-tanya kenapa virus ebola ini sangatlah beresiko dan mematikan? Virus ebola sangatlah beresiko lantaran bisa mengakibatkan kematian hanya dalam waktu singkat saja. Pasien yang terjangkit virus ebola dapat meninggal hanya dalam waktu 6 hari saja, paling lama dapat bertahan hingga 21 hari. Virus mematikan ini dapat menyebar dengan cepat lewat sentuhan langsung. Yang lebih bahayanya lagi hingga saat ini belum ada vaksin maupun obat yang dapat mengobati ebola. Penyebab virus ebola menyebar pertama kali yakni lantaran kontak langsung dengan hewan yang terserang ebola. Ebola menyebar di benua Afrika yang masyarakatnya masih tetap menggantungkan kehidupannya dengan alam dan hidup kurang bersih.

Penyebab virus ebola sangat mematikan lantaran virus ini langsung menyerang sistem imun tubuh. Virus ini dapat hidup dimanapun termasuk di kulit tubuh manusia yang selanjutnya masuk dalam tubuh. Gejala awal penyakit ini yakni demam, selang beberapa hari pasien akan mengalami pendarahan luar serta dalam tubuh. Selain itu, nampak bintik-bintik merah pada tubuh yang dalamnya dibarengi darah. Bila anggota keluarga terserang ebola langsung di bawa ke rumah sakit dan jangan ada yang menyentuhnya secara langsung untuk menghindari penyebaran virus.



Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab virus ebola, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.