Pengapuran; Penyebab Nyeri Sendi Paling Utama

Umumnya penyebab nyeri sendi yang utama yaitu pengapuran tulang. Namun terkadang orang berasumsi nyeri pada sendi merupakan karena penyakit asam urat maupun rematik. Salah satu gejala asam urat dan rematik memang rasa nyeri pada sendi namun tidak selalu seperti itu. Terkadang asam urat dan rematik tidak menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Banyak juga yang menduga nyeri sendi disebabkan oleh osteoporosis. Hal ini tentunya kurang tepat karena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang tidak menimbulkan rasa nyeri pada persendian.
Penyebab Nyeri Sendi
Baca Juga : Penyebab Nyeri Dada
Penyebab nyeri sendi pada orang berusia 45 tahun ke atas biasanya merupakan pengapuran sendi. Masalah pengapuran sendi biasanya terjadi pada pinggul dan lutut. Untuk orang-orang yang berusia 45 tahun ke bawah, mereka biasanya mengalami nyeri sendi akibat peradangan otot yang disebabkan oleh aktivitas olah raga atau aktivitas fisik lain yang terlalu berlebih. Berikut ini merupakan sedikit tentang penyakit pengapuran sendi yang perlu Anda ketahui :
  • Pengapuran sendi adalah suatu penyakit penipisan tulang rawan sendi. Tulang rawan pada persendian berfungsi untuk melapisi bagian ujung-ujung tulang yang membentuk persendian. Dengan demikian, kita bisa menggerakkan persendian dengan mudah.
  • Jika di ibaratkan mobil tulang rawan sendi mempunyai fungsi seperti ban kendaraan yang melapisi velg dan membuat mobil bisa bergerak bebas. Jika suatu ban mobil bisa menipis karena aus akibat selalu bergesekan dengan jalan, maka tulang rawan sendi juga akan demikian. Tulang rawan sendi bisa menipis akibat bergesekan tiap kali kita menggerakkan sendi.
  • Jika penipisan tulang rawan sendi terjadi maka bagian ujung-ujungnya akan saling bertemu dan terus bergesekan langsung tanpa perlindungan dari tulang rawan yang melapisi. Hal inilah yang menjadi penyebab nyeri sendi.
  • Penipisan tulang rawan kerapkali terjadi sebagai akibat dari proses penuaan. Dengan bertambahnya usia, seseorang bisa mengalami pengapuran sendi dengan tingkat rasa nyeri yang berbeda-beda.
  • Selain proses penuaan, penyebab nyeri sendi akibat pengapuran dapat juga disebabkan oleh kelebihan berat badan, aktifitas fisik yang berlebihan (biasanya pada buruh atau olahragawan) atau pernah mengalami patah tulang pada bagian sekitar sendi dan tidak mendapatkan perawatan yang benar.
  • Pada stadium awal, penyebab nyeri sendi akibat pengapuran akan menunjukkan gejala berupa nyeri dan sendi kaku ketika bangun tidur atau setelah duduk dalam lama. Persendian pada bagian lutut terasa nyeri apabila digunakan untuk berjalan, berdiri dari posisi jongkok atau naik tangga
  • Pada tingkat yang lebih lanjut, persendian lutut akan terasa semakin nyeri. Lutut pun cenderung membengkok seperti huruf X atau huruf O. jika tidak segera ditangani maka pengapuran sendiri bisa membuat lutut tidak lagi bisa digerakkan. Pada tahap ini, mungkin diperlukan tindakan operasi.
Demikian yang dapat disampaikan mengenai Penyebab Nyeri Sendi, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.