Penyebab Ngantuk Di Pagi Hari Yang Mengganggu Aktivitas

Jika Anda sudah merasa cukup tidur selama 7 atau 8 jam sehari, maka seharusnya Anda akan merasa segar ketika bangun di pagi hari. Namun, sebagian orang merasa tetap mengantuk di pagi hari bahkan setelah tidur cukup. Apakah penyebab ngantuk di pagi hari tersebut? Mengapa ada sebagian orang yang tidak bisa merasa segar dan tetap mengantuk di pagi hari? Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan seseorang tetap saja mengantuk di pagi hari diantaranya kelelahan fisik, emosi yang kurang terkendali dan juga stress. Akan tetapi, banyak juga orang yang tidak bekerja terlalu capek, contohnya duduk seharian di depan computer, namun masih tetap merasa kesulitan untuk tidak mengantuk di pagi hari.
Baca Juga : Penyebab Nyeri Sendi

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab ngantuk di pagi hari :

Kekurangan Zat Besi
Orang yang mengalami kekurangan zat besi dalam tubuhnya akan cenderung mengantuk di pagi hari. Kebanyakan perempuan rawan akan kekurangan zat besi, baik karena menstruasi atau diet ketat yang dijalankan seperti tidak makan daging dan lain sebagainya. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kelelahan fisik serta penurunan tingkat konsentrasi. Hal tersebut bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari atau bahkan terjadi sepanjang hari. Untuk menyeimbangkan kebutuhan zat besi dalam tubuh, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi seperti steik dan juga sayur bayam. Jika perlu minum suplemen zat besi yang di jual di apotik.

Sarapan
Salah satu penyebab ngantuk di pagi hari yaitu tidak sarapan atau sarapan terlalu banyak. Sebagian orang sangat repot di pagi hari sehingga tidak mempunyai waktu untuk sarapan. Perut yang kosong akan memberikan sinyal pada otak agar menyuruh tubuh beristirahat. Oleh sebab itu, tubuh mengirimkan alarm istirahat berupa rasa kantuk. Orang yang sarapan terlalu banyak juga akan merasa cepat mengantuk terlebih bila mereka mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Perut yang kenyang juga membuat otak mengirimkan sinyal istirahat agar lambung bisa segera memproses makanan yang masuk. Itu mengapa kita mengantuk setelah makan. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu sarapan sebelum memulai aktifitas, namun usahakan lebih banyak makan protein dan serat dari pada karbohidrat. Sarapan dengan oatmeal, susu, telur dan buah-buahan jauh lebih baik untuk mencegah kantuk pada pagi hari dibanding sarapan nasi lengkap dengan lauk pauknya.

Dehidrasi
Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Dehidrasi mengakibatkan sel-sel tubuh mengerut dan tubuh pun merasa capek. Tubuh membutuhkan sejumlah besar cairan agar sel-sel tubuh bisa bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, usahakan minum 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari, ari pagi hingga malam. Mengkonsumsi buah-buahan juga dapat menjamin suplai air didalam tubuh.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab ngantuk di pagi hari, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.