Penyebab Herpes Pada Kulit Tubuh

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Orang awam yang baru saja mendengar kata penyakit herpes tentunya sangat takut dan menganggap ini adalah penyakit yang berbahaya. Herpes sebenarnya jika diartikan yaitu penyakit cacar air yang menyerang kulit. Penyakit herpes atau cacar air ini sesungguhnya sangat umum di derita oleh setiap orang, bahkan setiap orang tentunya sudah pernah mengalami penyakit herpes pada kulitnya. Penyebab herpes muncul pada kulit yakni karena sistem kekebalan dalam tubuh menurun dan virus herpes sudah menjangkit di tubuh.
 Baca Juga : Penyebab Usus Buntu

Sebenarnya jika terkena herpes diatasi dengan pengobatan yang tepat dapat sembuh dengan cepat. Hal utama yang mempengaruhi pengobatan penyakit herpes ini yaitu sistem imun dalam tubuh. Kunci utama untuk membuat herpes cepat sembuh yakni kekebalan dalam tubuh menjadi baik kembali. Selain menurunnya sistem kekebalan dalam tubuh, ada penyebab herpes menjadi lebih banyak dan berkembang lebih cepat yakni :

1. Selalu digaruk
Penyebab herpes pada kulit tidak kunjung sembuh yakni karena luka yang timbul selalu Anda garuk. Penyakit herpes pada kulit memang meninggalkan rasa gatal yang amat sangat namun hindari untuk selalu menggaruknya, semakin Anda menggaruk lukanya semakin menyebar luas juga virus yang ada pada kulit Anda. Herpes yang tadinya hanya sedikit saja bisa tambah menjadi semakin banyak hanya karena di garuk. Selain cepat menyebar luka yang ditimbulkan ketika digaruk juga bisa membuat herpes tidak kunjung sembuh.

2. Terkena angin dan sinar matahari langsung
Penyebab herpes yang Anda derita tidak kunjung sembuh yakni karena Anda terlalu sering terkena angin dan sinar matahari secara langsung. Penderita herpes seharusnya tidak boleh beraktivitas diluar ruangan karena dapat memperparah penyakit yang sedang diderita. Selain itu terus-terusan terpapar sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan penyebaran herpes pada kulit semakin cepat. Bukan hanya pada kulit Anda namun juga dapat menularkan pada orang lain.

3. Stres
Stres yang berkepanjangan juga dapat menjadi salah satu penyebab herpes tidak kunjung sembuh. Keadaan fisik dan mental yang lemah membuat penderita herpes menjadi stres karena penyakitnya yang tidak kunjung sembuh. Stres yang timbul akan mempengaruhi proses penyembuhan herpes pada kulit.

4. Mengkonsumsi makanan tertentu
Mengkonsumsi makanan tertentu juga dapat menjadi penyebab timbulnya ruam-ruam pada kulit dan menyebabkan herpes. Herpes bisa jadi timbul karena Anda mengkonsumsi makanan jenis tertentu dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan timbullah penyakit herpes atau cacar air. Dengan penanganan yang tepat tentunya penyakit herpes dapat di atasi dengan baik dan tidak menjalar pada tubuh lainnya. Penyebab herpes yang utama yaitu karena kurangnya sistem kekebalan tubuh, penyembuhannya juga dengan cara menambah sistem imun dalam tubuh agar lebih kuat.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab herpes pada kulit tubuh, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.