Penyebab Osteoporosis dan Resikonya

Sebelum membahas penyebab osteoporosis, sebaiknya kita mengetahui lebih dahulu apa yang dimaksud osteoporosis. Dilihat dari sisi medis, osteoporosis adalah keadaan tulang belakang yang mengenai keropos. Kondisi tulang tak lagi kuat karena disebabkan oleh pengroposan tulang akibat rapuh. Hal tersebut terjadi akibat tubuh seseorang mengalami minimnya kandungan kalsium pada tubuh. Selain itu, penyakit ini bisa juga karena sebab kekurangan mineral dan zat besi dalam tulang, serta adanya akibat jangka panjang dari konsumsi cafein dan alkohol.
Baca Juga : Penyebab Obesitas

Gejala yang terjadi pada penderita osteoporosis diantaranya sering merasa pegal dan linu pada bagian tulang belakang. Hal tersebut karena kondisi tulang yang semakin rapuh. Selain itu, penyebab osteoporosis bisa juga dirasakan pada bagian pergelangan dan pinggang yang merasa nyeri. Seseorang yang menderita osteoporosis mulai merasakan gejalanya ketika menginjak usia 50 tahun ke atas. Penyakit pengeroposan tulang belakang ini juga tidak memandang pada pria atau wanita. Semua bisa saja mengalami osteoporosis kalau kondisi tulang sudah rapuh.

Mencegah Osteoporosis
Ketika kita ingin berusaha melakukan pencegahan terjadinya osteoporosis, kita memerlukan tiga hal penting. Usaha pencegahan itu harus memperhatikan aspek gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan dan nutrisi untuk tulang. Apa saja yang perlu di perhatikan yaitu sebagai berikut :
  • Kalsium merupakan nutrisi utama dalam pembentukan tulang dan sumsum tulang belakang. Usaha pencegahan osteoporosis adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi seperti ada ikan, salmon, susu kedelai dan susu cair, sayur hijau seperti bayam dan brokoli.
  • Kekurangan vitamin D menjadi faktor penyebab osteoporosis. Untuk mengurangi resiko ini, maka Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin dengan mengkonsumsi kuning telur, ikan salmon dan suplemen.
  • Menekuni gaya hidup sehat dan berolahraga. Hal ini menjadi pencegah yang sangat efektif dan murah meriah. Berolahraga merupakan kegiatan yang tidak mengeluarkan biaya, namun dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, berolahraga juga membantu keadaan tulang belakang tetap sehat. Pola makan yang sehat dan teratur juga menjadi pencegah alami untuk osteoporosis
Resiko osteoporosis
Jika seseorang sudah menderita osteoporosis, maka orang tersebut masih bisa diobati dengan beberapa cara. Kalau osteoporosis yang terjadi belum terlalu parah, diet alami osteoporosis menjadi cara hemat untuk dilakukan. Misalnya adalah mengatur menu makan yang baik untuk menjaga tulang. Tetapi jika osteoporosis sudah terlanjur parah, maka penderita osteoporosis harus melakukan pembedahan untuk menyuntikkan sumsum tulang belakang. Kekurangan sumsum penyebab osteoporosis dapat beresiko kalau tidak melakukan operasi tulang belakang.

Jika kondisi tersebut tidak bisa membaik, maka resiko apa pun bisa terjadi pada penderita osteoporosis. Kelumpuhan akibat tulang keropos menjadi resiko tertinggi bagi pencerita osteoporosis. Dengan demikian, gaya hidup yang salah sebagai penyebab osteoporosis bisa diganti dengan gaya hidup yang sehat dan teratur. Mengingat resiko yang terjadi pada penderita osteoporosis, mari mulai dari sekarang biasakanlah berolahraga secara teratur.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab osteoporosis, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.