Penyebab Virus Mers dan Gejalanya

Penyakit Mers adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian pada si penderita. Hingga dengan mengetahui penyebab virus Mers serta gejala-gejala awalnya sangat diperlukan. Kata Mers sendiri mempunyai kepanjangan Middle Eastern Respiratory Syndrome. Penyakit ini dikarenakan oleh virus COV (Corona Virus) , virus itu mempunyai ciri dibagian permukaan tubuhnya diselimuti dengan struktur yang serupa dengan mahkota. Virus Mers CoV baru dikenali pertama kalinya pada tahun 2012 di Negara Arab Saudi. Virus ini berbeda sekali dengan coronavirus yang sudah ditemukan sebelumnya. Virus itu yang mengakibatkan SARS pada tahun 2002 sampai 2003, di mana virus itu sangat berbahaya dan telah mewabah sampai 8273 kasus dan 775 meninggal dunia.

Penyebab Virus Mers
Baca juga : Penyebab uban

Penularan penyebab virus Mers biasanya yakni lewat kontak dengan penderita dalam jarak yang dekat dan waktu yang cukup lama. Bahaya terkena virus Mers karena belum ditemukan obatnya sampai sekarang. Untuk Penyembuhannya hanya dengan mengurangi gejala-gejala virus itu yang muncul pada penderita. Sedangkan asal virus Mers sendiri juga belum di ketahui secara jelas, namun diprediksikan berasal dari unta. Walau telah di teliti dari beberapa penderita yang terkena virus Mers tidak kontak langsung dengan unta. Adanya virus Mers memang membuat cemas beberapa negara di belahan dunia dan sangat di khawatirkan.

Gejala awal yang bisa di ketahui dari penyebab virus Mers yakni mengalami demam, napas terasa lebih pendek serta mengalami batuk. Karena virus Mers berkembang dengan masuk ke dalam saluran pernapasan manusia. Umum seseorang yang terjangkit dengan virus ini akan mengalami demam tinggi yang dapat mencapai 38 derajat celsius ke atas. Sedangkan batuk-batuk yang dihadapi juga dibarengi dengan bersin-bersin secara berkepanjangan. Selain gejala di atas, biasanya penderita akan mengalami sakit di bagian dada yang disertai rasa nyeri. Jika mengalami gejala-gejala itu, baiknya segera kontrol ke dokter. Agar gejala-gejala yang dialami bisa segera ditangani dan dicegah serta tidak merusak jaringan tubuh pada penderita.

Seseorang yang terkena virus ini akan mengalami penurunan berat tubuh secara drastis, hingga sangat diperlukan untuk mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi untuk menambah berat badannya. Jika penyebab virus Mers telah di ketahui, baiknya untuk perawatannya mesti dengan penanganan dokter yang ahli supaya bisa mengurangi gejala-gejala itu. Sedangkan untuk hindari virus ini, baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan penderita. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan adalah cara yang paling pas. Membiasakan kerap mencuci tangan memakai sabun anti septik bisa dilakukan untuk menghindari terkena virus itu.

Himbauan hidup sehat untuk melindungi diri dari penyebab virus Mers bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :
  • Menutup mulut serta hidung saat mengalami bersin atau batuk dengan memakai tisu, lalu buanglah tisu itu pada tempat sampah.
  • Hindari untuk menyentuh mata, mulut serta hidung saat tangan dalam kondisi kotor atau belum mencuci tangan.
  • Membiasakan hidup bersih dengan menghindari pemakaian alat makan ataupun minum bersama dengan orang lain. Hal itu untuk menghindari resiko penularan bila orang lain terkena virus Mers. 


Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab virus mers dan gejalanya, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.