Ragam Penyebab Uban Selain Faktor Usia

Usia memang akan selalu bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Dengan bertambahnya usia, maka tingkat kedewasaan, dan pemikiran akan semakin dewasa. Pendewasaan diri memang tidak dapat dipandang dari usia, tetapi usia adalah patokan seseorang untuk dikatakan telah dewasa atau belum. Selain meningkatnya kedewasaan, usia akan memengaruhi bentuk fisik seseorang. Saat muda, pastinya akan mempunyai penampilan yang segar, kuat, dan masih mempunyai rambut yang tebal berwarna hitam. Tetapi, saat usia telah semakin tua maka kondisi fisik akan semakin menurun, serta satu hal yang sudah pasti adalah rambut mulai memutih. Selain faktor usia ternyata masih ada penyebab uban yang lain.
 
Baca juga : Penyebab Tekanan Darah Tinggi



Faktor Usia
Penyebab uban yang paling pertama adalah dari faktor usia. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dengan semakin bertambahnya usia seseorang, maka kondisi fisik akan semakin mengalami penurunan. Dan salah satu bentuk penurunan adalah dengan rambut yang memutih. Memang sudah merupakan hal yang wajar terjadi rambut memutih pada usia tua. Hal yang mengakibatkan kenapa rambut menjadi memutih atau beruban saat sudah tua, adalah karena siklus tumbuh rambut yang terjadi setiap 3 – 6 tahun akan semakin kehilangan pigmen rambut tersebut.

Tingkat Stress
Selain faktor usia, ternyata masih ada faktor lain penyebab uban. Dan satu diantaranya adalah tingkat stres. Dengan kata lain tak hanya orang yang lansia saja yang mempunyai uban, tetapi usia muda juga uban dapat tumbuh. Tingkat stres yang berkaitan dengan psikologis seseorang ini sangat erat kaitannya dengan produksi hormone. Dengan terganggunya sisi psikologis seseorang bisa menyebabkan perubahan hormone yg tidak stabil. Dan salah satu hormone yang terganggu yaitu hormone yang berfungsi untuk memberi warna atau pigmen pada rambut. Hingga tak heran jika saat ini anak SMA saja telah memiliki uban karena tingkat stres yang tinggi.

Merokok
Penyebab uban yang selanjutnya adalah disebabkan kebiasaan merokok yg tidak dapat diredam. Rutinitas merokok memang telah mendarah daging untuk beberapa kalangan di Indonesia. Berdasarkan hasil pengamatan skala kecil yang dilakukan oleh beberapa ahli, ternyata merokok ada kaitannya dengan tumbuhnya uban. Radikal bebas yang di produksi saat merokok bisa mengganggu keseimbangan hormone. Sama halnya dengan stress, merokok akan mengganggu perkembangan hormone yg tidak seimbang.

Kondisi Medis
Penyebab uban yang dipicu oleh kondisi medis seseorang memang sangat jarang terjadi, tetapi benar ada. Kondisi di mana seseorang mengalami penurunan kondisi metabolic tertentu, seperti kekurangan zat nutrisi, serta kelainan genetic. Selain itu, ada beberapa jenis penyembuhan penyakit yang mempunyai efek samping pada pengaruh mekanisme produksi hormone pigmen. Tetapi, biasanya hal itu hanya bersifat sesaat saja karena pada saat pengobatan pada penyakit itu selesai, maka pigmen rambut akan kembali seperti semula.