Waspadai gejala dan penyebab leukemia akut sejak dini

Penyakit kanker darah atau sering disebut leukemia seringkali menjadi penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat awam. Walau termasuk dalam penyakit yang menakutkan, namun masyarakat masih tetap tidak bisa melakukan deteksi awal. Penyakit leukemia ini pun akhirnya menjadi mematikan karena tidak mendapatkan penanganan awal yang tepat. Penyebab leukemia yang juga masih belum di ketahui secara jelas lalu membuat masyarakat awam menjadi bingung untuk melakukan pendeteksi awal. Namun, ada banyak gejala yang dapat diidentifikasi sehingga Anda lebih waspada terhadap penyakit ini. Berikut ini akan dipaparkan beberapa gejala penyakit leukemia akut yang bisa muncul sejak dini.
Baca Juga : Penyebab Kaki Bengkak

Penurunan berat badan secara drastis
Hampir semua gejala kanker dengan sebab yang bermacam menunjukkan ciri khas berat beda yang turun secara mencolok. Penurunan berat badan yang tidak wajar yang dialami oleh penderita dapat menjadi sinyal kemungkinan menderita kanker. Penyebab leukemia akut seperti terdapat kelainan pada sumsum tulang belakang yang kemudian menghasilkan sel darah putih tak terkontrol. Oleh karena hal ini sel darah merah menjadi cepat mati dan kurang maksimal mendistribusikan makanan dalam sel. Sehingga tubuh melakukan kompensasi dengan memecah lemak menjadi nutrisi yang diperlukan sel.

Nyeri di sekitar ulu hati
Penyebab leukemia akut yang kurang pasti di ketahui bisa juga menimbulkan gejala seperti nyeri pada ulu hati. Ketika hal tersebut terjadi berarti telah terjadi pembengkakan mendadak dari liver atau hati dikarenakan banyak menampung sel darah merah yang mati atau rusak dalam satu waktu. Sel darah yang mati ini karena dianggap sebagai benda asing oleh sistem imun atau oleh sel darah putih.

Anemia berat
Leukemia akut selalu terkait dengan gejala anemia berat. Keadaan seperti cepat capek, berkeringat, lesu, hingga hilang kesadaran juga dialami oleh penderita. Hal ini dikarenakan banyak sekali jumlah sel darah merah yang mati atau rusak sehingga metabolisme tubuh pun terganggu. Kurangnya nutrisi dan oksigen yang merupakan tugas utama pengangkutan sel darah merah menjadi salah satu penyebabnya.

Wajah, kuku dan telapak pucat
Sering dengan banyaknya sel darah merah yang rusak atau mati mendadak menyebabkan sel tubuh menjadi kurang pasokan oksigen. Oksigen yang didapatkan oleh tubuh tidak didistribusikan secara maksimal sehingga tubuh menjadi pucat bahkan membiru. Biasanya gejala seperti ini dianggap sebagai gejala anemia biasa yang kemudian diikuti dengan mengkonsumsi tablet besi penambah darah. Namun wajah, kuku dan telapak tangan serta kaki yang memucat kembali setelah beberapa waktu efek obat tersebut menghilang yang berarti tubuh kekurangan darah lagi.

Demam dan menggigil
Suhu tubuh biasanya akan menjadi turun kemudian tak lama menjadi demam dan menggigil. Hal ini karena Penyebab leukemia akut yakni terjadinya keabnormalan jumlah sel darah dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh melakukan kompensasi. Penderita leukemia juga cenderung mudah terkena infeksi berat sehingga demam dan menggigil adalah salah satunya. Bahkan penderita cenderung mengalami syok dengan ditandai adanya perdarahan dalam.

Demikian yang dapat penulis paparkan mengenai gejala dan penyebab leukemia akut yang dapat dijadikan bekal sebagai deteksi awal. Melakukan pencegahan dengan skrining awal bisa menyelamatkan nyawa penderita. Semoga bisa bermanfaat.