Ini Dia 7 Faktor Yang Menjadi Penyebab Varises

Varises merupakan kelainan pada pembuluh darah vena yang disebabkan oleh kelainan katup di dalam pembuluh vena. Pada umumnya, varises merupakan pembuluh darah yang membesar. Di dalam tubuh manusia setiap pembuluh darah bisa mengalami varises, hanya saja yang paling sering terkena varises adalah pembuluh darah vena yang terdapat di bagian kaki. Pada intinya varises bukan penyakit yang membahayakan, tetapi dengan adanya penyakit ini, maka akan mengurangi rasa percaya diri. Berikut ini merupakan penyebab varises yang bisa Anda ketahui.
Baca Juga : Penyebab Flu Tulang
Faktor umur
Setiap orang sudah pasti akan mengalami penuaan, semakin tua seseorang akan lebih mudah terserang penyakit varises ini. Pasalnya, semakin tua seseorang, maka akan mempunyai masalah pada vena karena bertambah tua. Semakin tua seseorang membuat katup pada pembuluh darah menjadi lemah dan tidak dapat bekerja dengan baik, terlebih lagi pada saat melakukan olahraga.

Kurang latihan
Penyebab varises selanjutnya yakni kurangnya latihan maupun kurangnya gerakan tubuh selama berjam-jam. Terlalu lama duduk maupun berdiri dapat meningkatkan resiko terkena varises, kurangnya latihan akan membuat vena melemah. Selain itu, seseorang yang duduk dengan posisi kaki x maupun bengkok mempunyai resiko lebih besar terkena varises.

Faktor berat badan
Seseorang yang kurang latihan maupun kurang berolahraga pastinya akan mempunyai berat badan yang lebih. Orang dengan berat badan yang lebih akan memerlukan tekanan ekstra pada pembuluh darah, hal ini yang menjadi salah satu penyebab varises jika orang tersebut tidak berhati-hati.

Faktor perubahan hormon
Pada saat pubertas, hamil atau pun menopause, seseorang akan mengalami perubahan hormon. Di mana pada kondisi ini adalah kondisi di mana seseorang bisa menerima resiko terserang penyakit varises. Oleh karena itu, kaum wanita lebih rawan terkena varises dibanding kaum pria. Obat-obatan tertentu seperti pil KB maupun obat lain yang memiliki kandungan progesteron dan estrogen juga menjadi salah satu penyebab seseorang bisa terkena varises.

Faktor kehamilan
Hamil merupakan faktor yang seringkali dihubungkan dengan varises, pasalnya memang lebih kaum wanita yang menderita varises. Bahkan jika seseorang yang sedang hamil akan menerima resiko ganda yakni adanya penambahan berat badan maupun perubahan hormon. Ketika hamil, seseorang akan mengalami penambahan jumlah darah yang cukup besar. Hal inilah yang menjadi penyebab varises, di mana pembuluh darah semakin besar.

Faktor terkena sinar matahari langsung
Jika seseorang ada dibawah sinar matahari selama berjam-jam maka ini juga dapat meningkatkan resiko terkena varises, terutama di bagian wajah seperti hidung dan juga pipi.

Faktor genetik
Faktor keturunan bisa juga menjadi salah satu penyebab terkena varises, tidak menutup kemungkinan bahwa keluarga lain akan menderita penyakit ini.

Sekian yang bisa di sampaikan mengenai 7 faktor yang menjadi penyebab varises, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.