Mengenal Lebih Dalam Mengenai Ciri-ciri, Penyebab Flu Tulang dan Cara Menanganinya Dengan Tepat

Penyakit flu tulang merupakan penyakit yang cukup mengerikan karena bisa mengakibatkan kelumpuhan. Oleh karena itu, ketahuilah penyebab flu tulang agar Anda bisa lebih waspada terhadap penyakit ini. Penyakit flu tulang atau yang lebih akrab di kenal sebagai penyakit chikungunya yaitu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Nyamuk yang bisa menularkan penyakit ini adalah nyamuk aides’aegypti. Jika seseorang terkena gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi penyakit ini maka ia akan segera merasakan kesakitan. Gejala yang ditimbulkan diantaranya yakni demam, nyeri sendi yang parah, sakit kepala, mual, lelah dan ruam.
Baca Juga : Penyebab Feses Berwarna Hitam
Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini, penyakit ini akan sembuh sendirinya dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Tetapi biasanya penderita merasa cemas karena memang penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Akibat cemas yang dialami itulah yang membuat kesalahan dalam mengantisipasi penyakit chikungunya ini. Jika di lihat dari penyebab flu tulang itu sendiri, penyakit ini hanya ditularkan melalui nyamuk yang terinfeksi. Dengan begitu, cara pencegahan ataupun cara mengatasinya cukup sederhana yakni dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Berikut ini adalah cara pencegahan penyakit flu tulang :

Jagalah kebersihan
Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan hidup Anda. Karena penyebab flu tulang adalah nyamuk, maka buang atau tutup semua tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk. Tempat yang gelap dan kumuh serta banyak air yang tertampung merupakan tempat favorite nyamuk. Meskipun tidak setiap hari dibersihkan, paling tidak dibersihkan secara teratur agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya.

Jangan menggantung pakaian
Hindari menggantung pakaian, terutama pada pojok ruangan yang gelap. Ini dapat menjadi tempat favorite nyamuk bersinggah.

Perhatikan sirkulasi udara dan cahaya
Ciptakan suasana rumah yang sehat dan sejuk di mana banyak cahaya dan banyak udara yang segar. Saat pagi hari segera buka jendela dan pintu secukupnya agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar. Begitupun saat mulai gelap maka segera tutup kembali jendela dan pintu agar nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah Anda.

Jaga daya tahan tubuh
Jaga selalu daya tahan tubuh Anda, penyebab flu tulang adalah nyamuk yang terinfeksi. Jika Anda terkena gigitan nyamuk ini, dalam beberapa hari saja Anda bisa mudah sembuh dengan kondisi daya tahan tubuh yang kuat. Untuk itu, jagalah pola makan sehat agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengingat penyebab penyakit flu tulang adalah gigitan nyamuk maka sudah pasti bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang menular. Jika seseorang sudah terjangkit penyakit ini dan digigit oleh nyamuk, maka nyamuk tersebut bisa menularkan pada orang lain. Sebaiknya jauhkan penderita flu tulang dari paparan nyamuk agar tidak tergigit dan menularkan penyakitnya.

Sekian yang bisa di sampaikan tentang penyakit flu tulang atau chikungunya dimulai dari ciri-ciri, penyebab flu tulang serta cara menanganinya. Semoga sedikit penjelasan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.