Kenali Penyebab Gusi Berdarah

Banyak orang yang sering mengalami gusi berdarah. Mungkin Anda tidak akan sadar bahwa gusi Anda bermasalah, tiba-tiba saja ketika menggosok gigi pada sikat gigi terdapat bercak darah. Hal ini adalah tanda awal Anda mengalami gusi berdarah. Gusi yang berdarah jangan Anda anggap sepele, jika hal ini dibiarkan saja bisa jadi gusi Anda akan mengalami pendarahan dan akan mengganggu kesehatan Anda. Gusi yang sering berdarah bisa terjadi pada siapapun dan kapan saja. Oleh sebab itu Anda perlu untuk mengetahui apa saja penyebab gusi berdarah agar bisa menghindari agar gusi tidak berdarah lagi. Berikut beberapa penyebab yang menjadi faktor utama gusi berdarah.
Baca Juga : Penyebab Gagal Ginjal

Jarang menggosok gigi
Penyebab gusi berdarah yang pertama yaitu jarang menggosok gigi. Menggosok gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih. Jarang menggosok gigi bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak dan berdarah. Pendarahan pada gusi ini disebabkan gigi menjadi sarang bakteri karena jarang dibersihkan. Selain itu, menggosok gigi terlalu keras juga bisa menyebabkan gusi mengalami luka dan mengeluarkan darah. Tidak usah terlalu keras pada saat menggosok gigi gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut dan aman untuk gusi.

Terdapat karang gigi
Karang gigi adalah penyebab gusi berdarah yang selanjutnya. Karang gigi ini terbentuk karena gigi kurang dirawat. Penumpukan karang pada gigi bisa menyebabkan gusi mengalami pendarahan. Sebelum mengalami pendarahan gusi biasanya didahului dengan gusi yang bengkak dan rasa sakit gigi yang sangat sakit. Karang gigi dapat di hilangkan dengan cara pergi ke dokter gigi dan minta dibersihkan karang yang ada pada gigi Anda.

Radang pada gusi
Radang atau bengkak pada gusi biasa disebut dengan gingivitis. Gingivitis merupakan keadaan di mana gusi mengalami pembengkakan dan mengeluarkan darah. Gingivitis terjadi karena penumpukan karang, plak, bakteri karena sisa-sisa makanan yang tidak di bersihkan. Jika hal ini diteruskan bisa saja Anda akan mengalami penyakit mulut yang sangat berbahaya.

Perubahan hormon
Penyebab gusi berdarah yang selanjutnya yakni karena perubahan hormon. Perubahan hormon yang sangat drastis bisa menyebabkan kesehatan menurun dan kekebalan tubuh menjadi kurang. Perubahan hormon yang paling mencolok yaitu ketika sedang hamil. Ketika hamil hormon pada tubuh semakin bertambah dan bisa menimbulkan beberapa gangguan, salah satunya yakni gusi berdarah. Semakin parah dibiarkan makan semakin rusak gusi Anda.

Periodontal
Periodontal adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mulut. Periodontal terjadi jika gingivitis tidak diatasi dengan baik dan benar akibatnya gusi akan mengalami pendarahan dan menimbulkan rasa sakit. Penyebab gusi berdarah karena sakit periodontal ini bisa diatasi dengan rajin menggosok gigi aga rtetap sehat.

Gangguan peredaran darah
Penyebab gusi mengalami pendarahan yang terakhir yakni karena ada gangguan peredaran darah pada gusi. Peredaran darah yang tidak teratur menjadikan mulut atau gusi mengalami pendarahan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab gusi berdarah, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.