Penyebab Bab Berdarah, Waspadai Penyakit Serius

BAB berdarah adalah suatu gejala penyakit umum yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Terdapat banyak faktor tertentu yang menjadikan BAB Anda menjadi berdarah. Contohnya pada bayi sering mengalami BAB berdarah karena kulit pada daerah anus terluka atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan anal fissure ketika sedang melakukan buang air besar. Namun, bukan hanya sebab itu, BAB Anda menjadi berdarah, terdapat banyak faktor penyebab BAB berdarah lainya yang wajib Anda waspadai. Hanya dengan melihat warna dari vases Anda bisa melakukan diagnosis awal tentang penyakit apa yang Anda derita.
Penyebab Bab Berdarah
Baca Juga : Penyebab Bau Mulut
Saluran Pencernaan Bagian Atas
Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika melalui warna vases Anda bisa mendiagnosis secara cepat apa yang menjadi penyebab BAB berdarah. Jika warna darah yang keluar bersama vases berwarna sedikit gelap kehitaman itu disebabkan oleh adanya pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas. Darah yang melewati bagian usus penyerapan dan juga pada usus besar yang disebut tempat oksidasi hemoglobin diproses. Sehingga pada akhirnya menjadikan warna vases menjadi sedikit gelap da juga merah kehitaman yang dalam bahasa medis disebut dengan melena.

Saluran Pencernaan Bagian Bawah
Sedangkan dalam kasus penyebab BAB berdarah dengan warna feses berwarna merah terang dapat menjadi tanda-tanda masalah pendarahan yang terjadi pada saluran pencernaan bagian bawah. Pencernaan di bagian tersebutmerupakan suatu bagian yang terletak pada bagian bawah usus besar. Gejala feses dengan warna merah terang ini disebut dengan hematoc hezia. Namun, Anda juga harus bisa membedakan antara warna feses yang disebabkan karena pendarahan pada saluran pencernaan atau berasal dari proses pencernaan makanan yang mempunyai tekstur warna merah seperti darah.

Penyakit Serius
Selain penyebab BAB berdarah merupakan adanya pendarahan pada saluran pencernaan baik di bagian atas atau bawah, pendarahan ketika BAB bisa juga menjadi gejala atau diagnosis awal dari beberapa penyakit serius. Menurut beberapa dokter ahli mengungkapkan bahwa BAB berdarah bisa menjadi gejala dari penyakit Maag kronis karena pada penderita maag kronis terjadi pendarahan pada daerah lambung. Pendarahan rektal merupakan salah satu penyebab yang paling banyak diderita oleh orang yang berdarah ketika buang air besar. Selain itu cedera internal juga dapat menyebabkan BAB berdarah contohnya kerusakan pembuluh darah.

Kanker usus bisa juga menjadi penyebab BAB berdarah. Untuk penyakit yang satu ini, pada beberapa pasien, BAB berdarah merupakan alasan utama didiagnosis terserang penyakit kanker usus walau tidak pada semua pasien. Selain itu, penyakit inflamasi seperti contohnya penyakit yang terkait dengan peradangan pada area usus, salah satunya adalah Crohn dan juga colitisulcerative. Penyakit ini juga sering ditandai dengan nyeri perut dan juga kram disertai dengan demam. BAB berdarah dapat juga menjadi salah satu tanda atau disebabkan oleh diverticulitis yang berkaitan dengan usus.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab BAB berdarah, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.